Menu

Cukup Kenali 4 Cobaan Rumah Tangga Ini, Maka Pernikahan Bakal Awet Sampai Kakek-Nenek! Nomer 2 Sering Terjadi...

04 April 2022 13:25 WIB

Ilustrasi pasangan yang awet hingga tua (Unsplash/Renate Vanaga)

HerStory, Jakarta —

Pernikahan yang awet adalah impian banyak orang. Namun, untuk menjaga hubungan tersebut tetap rukun taklah mudah. Ada konflik dan permasalahan yang mesti dihadapi pasangan suami istri dalam hubungan pernikahan.

Beberapa jenis ujian rumah tangga yang sering terjadi dan umum dialami pasangan menikah. Apa saja jenis ujian tersebut? Mari ikuti ulasannya supaya kamu bisa lebih mempersiapkannya, ya!

Ujian Rumah Tangga yang Sering Menimpa Pasangan

1. Waktu luang

Gak sedikit hubungan pernikahan gak seromantis dulu akibat kamu dan pasangan terjebak dalam kesibukan masing-masing sehingga sulit memiliki waktu luang untuk bersama. Sayangnya, hal ini merupakan syarat mutlak apabila kamu ingin pernikahan yang awet dan harmonis.

Sesibuk apapun, kamu dan pasangan hendaknya mengalokasikan waktu menghabiskan waktu berdua. Tanpa hal itu, hubungan kalian jadi hambar dan rasa cinta yang dulu di awal pernikahan begitu dalam bisa perlahan memudar.

2. Persoalan keuangan

Gak jarang masalah finansial bisa menjadi penyebab pasangan suami istri bercerai lho Moms. Jadi, jangan anggap remeh, ya, persoalan finansial ini.

Beberapa masalah finansial yang umum menghantui kehidupan berumah tangga, yakni kurangnya penghasilan untuk memenuhi kebutuhan yang ada, cara mengatur keuangan yang kurang baik misalnya perilaku boros, serta sikap malas pasangan.

3. Kurangnya komunikasi

Jika dulu saat pacaran kalian saling bertukar pesan-pesan lucu, kini ketika sudah berumah tangga isinya gak lain dari nitip makanan atau belanjaan. Meski hal ini lumrah terjadi, tapi ada baiknya komunikasi ke pasangan jangan hanya saat perlu saja.

Hidupkan terus sisi romantis saat kalian masih pacaran dulu. Misalnya, berkirim pesan gombal atau hal-hal yang bikin kalian tertawa. Hal itu membuat hubungan asmara tetap menarik, lho.

4. Ujian keluarga

Keluarga ini bisa merupa mertua atau ipar. Terkadang kamu terlalu berpihak pada keluarga sendiri sehingga membuat pasangan jadi diabaikan atau dikhianati karena loyalitasmu ke keluarga, bukan ke pasangan.

Untuk menghindarinya, pastikan kamu dan pasangan selalu satu suara. Apapun masalah yang dihadapi selalu dibicarakan baik-baik dan dilihat dari dua sisi. Sisi pasangan, maupun sisi keluarga sehingga kamu bisa bersikap adil dan tak memihak, ya.

Semoga dengan mengetahui jenis ujian rumah tangga yang kerap dialami pasangan menikah kamu dan dia jadi lebih siap dalam mengarungi kehidupan bersama. Pernikahan pun jadi langgeng dan harmonis!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan