Menu

Sudah Tertangkap Basah Tapi Pasangan Gak Mau Ngaku? Ketahui 6 Tanda Ini Jika Pria Berbohong denganmu

06 April 2022 14:00 WIB

Illustrasi pria menjelaskan alasanya berbohong

HerStory, Tangerang —

Ketika seorang pria berbohong meski sedikit, tetapi kamu sudah bisa langsung menyadarinya. Namun, pria terkadang berusaha membantah dan membela dirinya walaupun sudah tertangkap basah.

Jika kamu mengalami ini, kunci menghadapi situasi ini adalah kamu perlu mencari tahu kebenarannya terlebih dahulu dan cara menanggapinya dengan baik.

Jadi, kamu perlu sedikit bersabar untuk mengumpulkan bukti dan meredam emosi terlebih dahulu sehingga tak menimbulkan keributan.

Akan tetapi, kamu tak bisa hanya mengandalkan intuisi dan naluri saja. Kamu juga perlu mengetahui beberapa tanda umum ketika seorang pria sedang berbohong.

Dilansir dari AKURAT.co, berikut enam tanda-tanda pria yang sedang berbohong.

Tak konsisten dalam berbicara

Pria cenderung saat berbohong karena dia melakukan sesuatu yang salah. Salah satu cirinya adalah dia selalu memberikan suatu pernyataan yang tak konsisten.

Jika kamu berbicara denganya dan menanyakan pertanyaan yang sama dalam dua atau tiga kali, pria pembohong akan memberi jawaban yang berbeda dari sebelumnya.

Tak bercerita secara detail

Seorang pria yang suka berbohong akan latihan dulu dan menyiapkan beberapa jawaban, agar dia tak gugup.

Hal ini karena berbohong membutuhkan kreativitas daripada hanya menyatakan fakta. Namun, jika kamu mencurigai seorang pria berbohong, maka tanyakan saja lebih detail suatu permasalahan yang kamu anggap dia tak jujur.

Jika dia berbohong, maka akan kesulitan dan banyak jeda untuk memikirkan jawabannya.

Berbicara dengan mutlak

Pria yang berbohong akan menyakinkan kamu bahwa ia tak pernah berbohong atau menyembunyikan sesuatu. Dia kan menggunakan pernyataan mutlak, seperti 'Saya tak pernah berbohong' atau 'Saya tak akan pernah menipu kamu'.

Oran yang tak bersalah jarang merasa perlu untuk menyatakan hal-hal seperti itu dan mengatakannya dengan penuh keyakinan. Jadim curigailah jika seorang pria mulai berbicara seperti itu kepada kami saat berdebat.

Mengalihkan perhatian

Ini salah satu trik lama yang suka digunakan pembohong. Dia mencoba mengalihkan perhatian kamu dari dirinya sendiri. Mengalihkan perhatian kamu merupakan salah satu tanda besar seorang pria sedang berbohong.

Jika dia berpikir bahwa dia menyayangi dia dan kebohongannya, maka dia akan membuat kamu meragukan kecurigaan kamu kepadanya.

Jika dia mencoba ini, maka jangan biarkan dia mengubah topik pembicaraan agar kamu mengetahui kebohongannya.

Selalu membela diri

Sikap membela diri adalah satu tanda terbesar, ketika seorang pria berbohong. Kebanyakan pembohong cenderung bertindak defensif.

Dia menjadi khawatir bahwa kebohongannya akan diketahui sebagai kebohongan. Hal ini membuat mereka sedikit gelisah dan defensif, terutama jika kamu mencoba mengajukan terlalu banyak pertanyaan.

Jika kamu bisa merasakan seorang pria mulai bersikap defensif, maka terus ajukan pertanyaan yang sama kepadanya.

Namun, jangan memaksa atau konfrontatif tentang hal itu, karena dia akan menjadi lebih defensif bahkan menghindar kontak mata.

Menghindari kontak mata

Merasa bersalah akan membuat pria mundur, menjauh, atau sama sekali menghindari kontak mata dengan kamu. Dia benar-benar akan menarik diri dari kamu, karena merasa bersalah.

Jadi, coba untuk membuatnya tetap dekat dengan kamu, sehingga dia merasa bersalah karena berbohong kepada kamu.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.