Menu

Ramadan In Style: Tokopedia Kasih Panggung Pegiat Usaha Unjuk Gigi, 2 UMKM Fesyen Muslim Ini Jadi Bukti, Raup Cuan Tanpa Henti!

06 April 2022 18:24 WIB

Para pembicara di acara virtual press conference ‘Ramadan in Style Tokopedia: Dukung UMKM Fesyen Lokal, Bangkitkan Ekonomi Nasional’, Rabu (6/4/2022). (Riana/HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, bulan Ramadan tengah kita lalui, momen Hari Raya Idulfitri atau Lebaran pun tinggal hitungan hari. Dan menjelang Idulfitri, sebagian dari kamu mungkin sudah mulai berburu diskon atau promo untuk pakaian baru yang akan dikenakan pada momen tersebut, misalnya lewat e-commerce.

Lazimnya, saat Lebaran nanti sebagian besar dari kamu menginginkan gaya pakaian muslim sesuai dengan momen Idulfitri. Permasalahannya, mungkin kamu bingung e-commerce mana nih yang menyediakan produk fesyen lengkap bertemakan muslim.

Nah, dalam rangka mendukung antusiasme masyarakat Indonesia, khususnya kamu Beauty, terhadap perayaan Idulfitri tersebut, e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia, pun menghadirkan kampanye bertajuk Ramadan In Style Tokopedia. Kampanye inipun dihadirkan Tokopedia untuk mendukung kemajuan para pelaku usaha mikro atau UMKM di Indonesia.

AVP of Category Development Tokopedia, Falah Fakhriyah, mengatakan, Tokopedia sendiri berkomitmen untuk memberikan panggung seluas-luasnya kepada para pegiat usaha terutama UMKM yang kita semua tahu bahwa UMKM adalah backbone atau tulang punggung industri di Indonesia.

“Karenanya, dengan semangat itulah Tokopedia ingin memberikan dukungan seluas-luasnya kepada UMKM lokal melalui pemanfaatan teknologi lewat kampanye Ramadan In Style hingga 30 April 2022 mendatang,” tutur Falah, saat virtual press conference ‘Ramadan in Style Tokopedia: Dukung UMKM Fesyen Lokal, Bangkitkan Ekonomi Nasional’, sebagaimana dipantau HerStory, Rabu (6/4/2022).

Falah melanjutkan, di bulan Ramadan ini, Tokopedia mencatat ada beberapa kategori produk yang memang mengalami peningkatan transaksi. Yakni, kategori makanan dan minuman, perawatan diri, dan produk fesyen.

“Selain kategori makanan, minuman, dan perawatan diri, kita juga melihat fesyen jadi salah satu kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi ,termasuk di dalamnya itu adalah fesyen anak dan muslim. Untuk produk fesyen muslim sendiri yang paling banyak diburu itu adalah hijab segi empat, mukena, gamis wanita, dan baju koko pria. Dan secara kota atau daerah, kita melihat peringkat konsemen yang memburu produk tersebut yakni di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya,” lanjut Falah.

Lebih jauh, Falah pun berharap, dengan adanya kampanye Ramadan In Style ini, Tokopedia dapat menjadi salah satu panggung untuk para pegiat usaha UMKM lokal untuk bisa mempertahankan kelangsungan bisnisnya terutama pada saat pandemi.

Tak hanya itu, sambung Falah, melalui Ramadan in Style, Tokopedia berupaya mendukung keberlangsungan bisnis para pegiat usaha, khususnya UMKM fesyen lokal, agar dapat menjadi Raja di negeri sendiri serta memajukan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kemudian di luar itu, kita juga ingin mengakomodasi kebutuhan Ramadan masyarakat Indonesia lewat Ramadan In Style ini. Karena kita lihat animo masyarakat terhadap baju muslim menjelang Lebaran ini tinggi ya. Yang kita catat, sejauh ini produk fesyen muslim yang paling banyak diburu antara lain adalah hijab segi empat, mukena, gamis wanita dan baju koko pria,” imbuh Falah.

Nah Beauty, di Ramadan in Style ini Tokopedia sendiri bakal menghadirkan beragam pilihan produk fesyen lokal dari sederet pegiat usaha dalam negeri, seperti ZYTA DELIA dan Wearing Klamby.

ZYTA DELIA adalah contoh UMKM lokal di Tokopedia besutan perempuan pegiat usaha, Zyta Delia Rahmah. Tak hanya mengembangkan bisnis, Zyta juga memberdayakan ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya sebagai penjahit.

“Momen Ramadan merupakan momen yang penting bagi pegiat usaha khususnya yang bergerak di bidang fesyen seperti kami,” ujar Founder ZYTA DELIA, Zyta Delia Rahmah.

Lebih lanjut, Zyta pun menuturkan bahwa platform belanja digital seperti Tokopedia turut mendongkrak omzet penjualan produknya.

“Saat Ramadan, transaksi kami mengalami peningkatan yang signifikan, khususnya setelah bergabung dengan Tokopedia,” paparnya.

Menariknya nih Beauty, pada Ramadan in Style kali ini, ZYTA DELIA berkolaborasi dengan influencer, Adelia Pasha, meluncurkan koleksi terbaru berupa scarf yang mengangkat tema klasik serta neo antique.

Kemudian, UMKM lainnya yang turut memanfaatkan Tokopedia untuk mengembangkan usaha, dan berpartisipasi dalam Ramadan in Style, yakni Wearing Klamby.

Hadir dengan gaya ringan dan nyaman dikenakan sehari-hari, Wearing Klamby konsisten mengangkat kekayaan budaya Indonesia yang tercermin dari berbagai koleksi seperti Mandalika, Aceh, dan Sulawesi.

CEO Wearing Klamby, Muhamad Ridho menceritakan bahwa pada Lebaran tahun lalu, lewat Tokopedia, Wearing Klamby berhasil mencatat kenaikan transaksi hingga 300% dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Ridho bilang, setelah memanfaatkan platform digital Tokopedia, pembeli Wearing Klamby pun makin menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Imbasnya, omzet Wearing Klamby pun turut terdongkrak.

“Bahkan Wearing Klamby masuk sebagai tiga besar penjual dengan transaksi tertinggi di kampanye Ramadan in Style 2021. Gak hanya itu, Tokopedia juga membantu kami meningkatkan reputasi toko kami jadi semakin baik dengan adanya rating dari pembeli,” tandas Ridho.

Fyi Beauty, kampanye Ramadan in Style Tokopedia ini menghadirkan berbagai pilihan produk dan beragam promo menarik untuk berbelanja lebih hemat, seperti flash sale mulai dari Rp 2.022, cashback hingga Rp300.000, diskon sampai dengan 90% serta peluncuran eksklusif dari para pegiat usaha fesyen lokal.

Yang berbeda dari e-commerce lainnya, di kampanye Ramadan in Style juga terdapat program Donasi Tokopedia Salam dimana sebagian keuntungan yang didapatkan dari kampanye ini akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui mitra strategis terpercaya, seperti Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan mitra strategis lainnya.

So, jangan lewatkan sederet promo dan keseruan dari Ramadan In Style Tokopedia ini ya Beauty! Happy shopping!

Artikel Pilihan