Menu

Omzet UMKM Fesyen Muslim Meningkat Pesat Selama Ramadan di Tokopedia, CEO Wearing Klamby: Naik 300%

07 April 2022 19:00 WIB

Wearing Klamby. (Tokopedia/Wearing Klamby)

HerStory, Jakarta —

Industri fesyen lokal semakin mengudara. Momentum Ramadan menjadi salah satu titik balik mereka di tengah pandemi. Selama bulan suci ini, UMKM fesyen lokal diketahui memiliki omzet yang sangat meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Banyak masyarakat Indonesia yang memburu fesyen muslim dengan brand lokal andalan mereka. Di tengah pandemi yang hingga saat ini masih terjadi, masyarakat Indonesia juga lebih memilih berbelanja fesyen muslim kebutuhan mereka melalui salah satu marketplace terdepan di Tanah Air, Tokopedia.

“Produk fesyen muslim seperti hijab segi empat, mukena, gamis wanita dan baju koko pria menjadi beberapa produk paling diburu masyarakat Indonesia di Tokopedia menjelang Ramadan,” ujar AVP of Category Development Tokopedia, Falah Fakhriyah, melalui siaran pers yang diterima HerStory pada Kamis, (7/04/2022).

Tingginya animo masyarakat terhadap kebutuhan fesyen lokal mendorong Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk UMKM lokal, dalam menghadirkan kampanye Ramadan in Style hingga 30 April 2022 mendatang.

Ramadan in Style menghadirkan beragam pilihan produk fesyen lokal dari sederet pegiat usaha dalam negeri, di antaranya ZYTA DELIA dan Wearing Klamby. ZYTA DELIA adalah contoh UMKM lokal di Tokopedia besutan perempuan pegiat usaha, Zyta Delia Rahmah. Bukan hanya mengembangkan bisnis, Zyta juga memberdayakan ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya sebagai penjahit.

“Momen Ramadan merupakan momen yang penting bagi pegiat usaha khususnya yang bergerak di bidang fesyen seperti kami. Saat Ramadan, transaksi kami mengalami peningkatan yang signifikan, khususnya setelah bergabung dengan Tokopedia,” ujar Founder ZYTA DELIA, Zyta Delia Rahmah.

Pada Ramadan in Style kali ini, ZYTA DELIA berkolaborasi dengan influencer Adelia Pasha meluncurkan koleksi terbaru berupa scarf yang mengangkat tema klasik serta neo antique.

Kemudian, Wearing Klamby merupakan contoh UMKM lain yang juga memanfaatkan Tokopedia untuk mengembangkan usaha, salah satunya dengan berpartisipasi dalam Ramadan in Style. Hadir dengan gaya ringan dan nyaman dikenakan sehari-hari, Wearing Klamby konsisten mengangkat kekayaan budaya Indonesia yang tercermin dari berbagai koleksi seperti Mandalika, Aceh, dan Sulawesi. CEO Wearing Klamby, Muhamad Ridho menceritakan bahwa pada Lebaran tahun lalu, lewat Tokopedia, Wearing Klamby berhasil mencatat kenaikan transaksi hingga 300% dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

“Bahkan Wearing Klamby masuk sebagai tiga besar penjual dengan transaksi tertinggi di kampanye Ramadan in Style 2021,” jelas Ridho.

Untuk diketahui, Ramadan in Style menghadirkan berbagai pilihan produk dan beragam promo menarik untuk berbelanja lebih hemat, seperti flash sale mulai dari Rp2.022, cashback hingga Rp300.000, diskon sampai dengan 90% serta peluncuran eksklusif dari para pegiat usaha fesyen lokal.

Di dalam kampanye Ramadan in Style juga terdapat program Donasi Tokopedia Salam dimana sebagian keuntungan yang didapatkan dari kampanye ini akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui mitra strategis terpercaya, seperti Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan mitra strategis lainnya.

“Melalui Ramadan in Style, Tokopedia berupaya mendukung keberlangsungan bisnis para pegiat usaha, khususnya UMKM fesyen lokal, agar dapat meraja di negeri sendiri serta memajukan pertumbuhan ekonomi nasional,” tutup Falah.