Menu

Jangan Lagi Gampang Tertipu! Begini Tipsnya..

06 Agustus 2020 12:30 WIB

Wanita sedih (Unsplash/_Mxsh_)

HerStory, Jakarta —

Moms, pasti penasaran banget kenapa seseorang bisa melakukan kebohongan yang nggak jarang lebih parah, yaitu penipuan. Moms pasti pengen banget mengetahuinya supaya bisa berjaga-jaga dari orang yang melakukan upaya penipuan atau berbohong ini.

Tips berikut ini adalah 3 cara yang membuat Moms bisa menghindari penipuan, simak ya!

1. Ekspetasi terlalu tinggi

Moms, ketika ada orang yang menjanjikan sesuatu yang menarik banget seperti uang, keuntungan besar, tanpa ada resiko atau usaha, gratis ataupun hal lain yang terdengar manis banget, maka Moms harus hati-hati karena kemungkinan besar orang itu ingin mengambil keuntungan dan menipu Moms.

2. Melakukan percakapan dua arah

Ketika Moms merasa sedang dibohongi, maka yang perlu kamu lakukan adalah menanyakan pertanyaan lanjutan mengenai apa yang Ia katakan. Biasanya orang yg sedang berbohong nggak siap menjawab pertanyaan lanjutan dan akan memberikan jawaban yang nggak masuk akal atau sulit dipercaya.

3. Informasi palsu

Orang yang berkata nggak jujur biasanya akan lupa atau nggak konsisten dengan kebohongannya. Jadi ketika Moms bertemu dengan penipu, Moms bisa mengeksploitasinya dengan memberikan informasi yang salah dengan apa yang Ia katakan sebelumnya. Kalau ia mengiyakan apa yang Moms katakan, maka orang itu sedang berbohong, tetapi bila ia mengulangi apa yg dikatakan sebelumnya maka orang itu mungkin berkata jujur.

Meskipun begitu Moms harus tetap berhati-hati karena semakin banyak orang yang handal dalam berbohong, memahami ini bisa jadi cara Moms untuk berjaga-jaga dan melindungi data pribadi atau kekayaan pribadi yang Moms miliki.

Artikel Pilihan