Menu

Terkait Klaim Obat Herbal Buatan Hadi Pranoto, Ahli: Belum Ada Obat yang Bisa Sembuhkan Covid-19

06 Agustus 2020 19:30 WIB

Peneliti Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi mencegah COVID-19, di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8/2020). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp)

HerStory, Jakarta —

Nama Hadi Pranoto masih terus ramai dibicarakan publik karena telah mengklaim menemukan obat virus corona. Pengakuan tersebut dikatakan langsung oleh Hadi Pranoto dalam video wawancara bersama Anji yang diunggah ke kanal YouTube Dunia Manji.

Dalam wawancara bersama Anji tersebut, Hadi Pranoto mengaku bahwa obat herbal miliknya bisa menciptakan antibodi virus corona. Makanya, Hadi mengatakan bahwa pasien virus corona yang terinfeksi bisa sembuh kalau mengonsumsi obat herbal buatannya.

Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisonal dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania mengatakan bahwa hingga kini belum ada obat konvensional maupun herbal yang bisa menyembuhkan pasien terinfeksi virus corona. 

"Covid-19 kan penyakit baru. Jadi, sebenarnya bukan jamu atau herbal yang dianggap belum bisa menyembuhkan, tapi obat standar atau kimia konvensional sebenarnya belum ada yang bisa menyembuhkan Covid-19 secara meyakinkan," kata Inggrid Tania.

Namun, Inggrid Tania menjelaskan bahwa sejak dahulu, penggunaan obat herbal memang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena bersifat Imunomodulator, yakni bisa meregulasi sistem imun kita sehingga respon imun bisa lebih optimal.

Selanjutnya, Inggrid Tania juga mengatakan kalau penemuan obat herbal tak secepat itu. Masih banyak penelitian yang harus dilakukan sampai benar-benar terbukti hasilnya.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan