Menu

Cegah Kanker Kulit, Ternyata Begini Kriteria Sunscreen yang Bagus Menurut Ahli, Catat Ya Beauty!

14 April 2022 12:50 WIB

Dermatologist, Claudia Christin, MBSS, Ph.D., saat memberikan pemaparan di Intimate Gathering: Soiree with Anessa The Launch of Anessa Renewal dengan media di The Moon, Hotel Monopoli Jakarta (13/4/2022). (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, meski lebih banyak berada di rumah semasa pandemi, siapa bilang gak membutuhkan sunscreen? Ingat ya, Beauty, sunscreen tetap penting untuk digunakan ketika berada di rumah. Pasalnya, sinar UV dapat menembus sela-sela jendela, meski ketika cuaca mendung. Hal tersebut pun dibenarkan oleh Dermatologist, Claudia Christin, MBSS, Ph.D.

“Sinar matahari alias sinar UV bisa menyebabkan kulit terbakar dan meningkatkan risiko kanker kulit. Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan kulit adalah dengan memakai tabir surya atau sunscreen setiap hari,” tutur Claudia, saat sesi Intimate Gathering: Soiree with Anessa The Launch of Anessa Renewal dengan media di The Moon, Hotel Monopoli Jakarta (13/4/2022).

Claudia lantas memaparkan tentang pentingnya pengunaan sunscreen tiap hari. Menurutnya, investasi suncreen jauh lebih penting daripada skincare. Penggunaan skincare mahal akan menjadi percuma jika tidak dilindungi dengan sunscreen.

“Efek buruk serta akumulatif dari sinar UV seperti kerutan, hyperpigmentation, bisa dihindari dengan penggunaan sunscreen setiap harinya. Efeknya mungkin tidak terlihat dalam beberapa minggu atau bulan, namun pasti akan terlihat dalam beberapa tahun ke depan. Karena pada dasarnya sunscreen is a long-term skin investment," jelas Claudia.

Dalam memilih sunscreen, kata Claudia, tentunya kamu harus memperhatikan kandungan dan fungsi dari produk yang ingin digunakan agar sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

“Untuk menemukan sunscreen yang nyaman serta proteksi yang optimal bukanlah hal yang mudah, terutama di Indonesia dengan iklim tropis dan suhu yang panas. Faktor gesekan, kelembaban, dan juga keringat bisa mempengaruhi proteksi dari sunscreen,” imbuh Claudia.

Lebih jauh, Claudia pun merekomendasikan produk sunscreen yang cocok dan baik untuk kulit wanita Indonesia, yakni Anessa. Produk sunscreen Anessa yang sudah sangat terkenal, bahkan telah menjadi nomor satu di Jepang selama 19 tahun ini nyatanya punya keunggulan serta manfaatnya yang luar biasa.

Menurut Claudia, dari inovasi teknologi dari Anessa yang memiliki proteksi terhadap panas, air, keringat, lembah dan tahan gesekan serta memiliki berbagai varian produk yang disesuaikan dengan kondisi kulit wajah ini yang menjadikan Anessa menjadikan produk sunscreen sangat cocok dipakai untuk kulit Indonesia.

“Terlebih lagi saat ini mulai banyak masyarakat Indonesia yang mulai kembali beraktivitas dalam kondisi dan cuaca Indonesia yang panas dan berlembab,” ujar Claudia.

Kemudian, Claudia pun memberikan tips terkait kriteria sunscreen yang baik dan cara menggunakannya dengan tepat. Pertama, kata dia, sunscreen yang baik adalah sunscreen dengan perlindungan minimal SPF 30.

“Pilihlah sunscreen dengan kandungan (sun protection factor) setidaknya pada angka 30. Angka SPF mengacu pada level perlindungan terhadap sinar UVB. SPF 15 dapat memblokir 93 persen UVB, SPF 30 memblokir 97 persen UVB, SPF 50 memblokir 98 persen UBV, dan SPF 100 memblokir 99 persen UVB,” tuturnya.

Kriteria sunscreen yang baik selanjutnya, yakni memiliki broad spectrum protection yang dapat melindungi dari UVA, UVB atau bahkan blue light.

“Dalam hal ini berarti tidak hanya melindungi dari akibat paparan sinar UVB saja, namun juga dapat melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV secara menyeluruh. Dan terakhir, kriteria sunscreen yang baik adalah harus memiliki tekstur yang nyaman dan ketahanan yang baik” ujarnya.

Claudia pun mengimbau, dalam pengaplikasiannya sendiri, sunscreen wajib dipakai setiap hari dengan takaran sekira dua jari.

“Bahkan harus rajin diaplikasi ulang setiap 2-3 jam sekali agar perlindungannya lebih optimal,” tukasnya.

Lebih jauh, Claudia pun mengingatkan bahwa meskipun penting, penggunaan sunscreen saja tidaklah cukup. Untuk perlindungan kulit secara maksimal, carilah tempat teduh jika memungkinkan, kenakan pakaian anti sinar matahari, topi bertepi lebar, dan kacamata hitam anti UV, untuk strategi perlindungan matahari yang lengkap.