Menu

Lewat JD.ID Kamu Bisa Belanja Sambil Berdonasi Demi Kemajuan Pendidikan Anak Negeri Lho Beauty, Yuk Berbagi!

22 April 2022 09:54 WIB

JD.ID bersama Kitabisa menggelar program galang dana sosial, guna dukung kebutuhan belajar-mengajar para siswa-siswi dan fasilitas pendidikan Indonesia kurang mampu. (Dok. JD.ID/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berbagi pada sesama dan orang terkasih di bulan Ramadan sekarang ini. Salah satunya, sambil berbelanja, seperti yang bisa kamu lakukan di JD.ID.

Ya, selama bulan Ramadan, e-commerce satu ini mengajak seluruh seluruh pelanggan setia JD.ID untuk berbagi demi kemajuan pendidikan anak-anak Indonesia.

Sebagaimana kita ketahui Beauty, generasi muda atau anak-anak adalah cikal dan bakal dari masa depan sebuah bangsa, dan pendidikan bagi mereka merupakan aspek vital. Dan, mengutip pernyataan oleh Najwa Shihab bahwa, “Hanya pendidikan yang bisa selamatkan masa depan. Tanpa pendidikan, Indonesia tak mungkin bertahan.”

Sekjen Kemendikbudristek RI, Suharti, pun tak menampik bahwa saat ini masih ada fenomena learning loss atau keterbatasan proses belajar-mengajar masih dialami secara masif di beberapa daerah pedalaman di pulau-pulau di Indonesia, mulai dari Papua, hingga Jawa yang padat penduduk.

Suharti bilang, para anak-anak ini dihadapkan dengan minimnya fasilitas pendukung pembelajaran, yang kondisi-nya seiring waktu semakin memburuk, terlebih sejak pandemi Covid-19 melanda.

“Karenanya, dengan ketimpangan digital ini, kita paham betul dampak-nya. Untuk masyarakat kota yang mampu, tak masalah untuk menyediakan laptop dan data internet. Situasi ini tentu berbeda dengan mereka yang kesulitan dana dan tidak punya akses digital,” jelas Suharti.

Terkait kondisi itu, serta sejalan dengan salah satu tagline JD.ID, yakni #AdvancingIndonesia (memajukan Indonesia), JD.ID pun terinspirasi untuk membantu para anak-anak Indonesia dan fasilitas pendidikan yang kurang mampu, dengan cara mengundang para pelanggan untuk berdonasi pada program #JDBerkah Spesial HARDOLNAS (Hari Donasi Online Nasional) oleh JD.ID dan Kitabisa. Adapun, program ini akan berlangsung pada 11 April 2022 hingga akhir Mei 2022.

Menanggapi diselenggarakan-nya program #JDBerkah Spesial HARDOLNAS tahun ini, Ma Xiu Ying, selaku Chief Marketing Officer JD.ID, mengungkapkan bahwa sejak awal JD.ID berdiri, pihaknya memang selalu konsisten menyelenggarakan program sosial dan kemanusiaan, menyampaikan bantuan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, terutama pada bidang pendidikan.

“Seperti yang telah kami lakukan pada tahun 2019, memberikan bantuan sosial untuk fasilitas pendidikan di Leles, Parung Panjang, Jawa Barat, dengan menggunakan teknologi drone, memberikan bantuan dana pendidikan bagi anak-anak di Panti Roslin, NTB pada tahun 2020, diikuti dengan keikutsertaan JD.ID dalam program HARDOLNAS sejak tahun 2021, yang merupakan kegiatan galang dana sosial pada bulan suci Ramadan,” tuturnya, dalam milis resminya kepada HerStory, Jumat (22/4/2022).

Xiu Ying pun bilang, di masa mendatang, JD.ID akan terus berusaha untuk memberikan dampak positif ini bagi masyarakat Indonesia, fokus pada kesejahteraan masyarakat terutama anak-anak agar bisa mendapatkan pendidikan terbaik.

“Karena hal ini adalah bagian dari kewajiban JD.ID, untuk membangun generasi penerus bangsa yang terdidik,” ujarnya.

Nah Beauty, untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada para pelanggan yang tergerak untuk berdonasi, JD.ID pun menggandeng platform galang dana dan donasi online, Kitabisa.com.

“Pada bulan Juni mendatang, jika donasi yang terkumpul telah mencapai target, JD.ID dan Kitabisa berencana untuk melakukan upacara penyerahan bantuan atau donation handover ceremony di salah satu sekolah yang membutuhkan di wilayah Jawa,” imbuh Xiu Ying.

Adapun, bantuan yang dimaksud adalah fasilitas penunjang pendidikan digital dan online, berupa komputer, laptop, atau tablet, dan modem internet. Lebih lanjut, sehubungan dengan berlangsung-nya program ini pada bulan Ramadhan, JD.ID juga akan membagikan peralatan beribadah bagi para siswa-siswi di sekolah tersebut.

Lebih lanjut, Marisa Thara Wardhani, selaku Head of Brand Partnership Kitabisa, pun mengapresiasi program yang digagas JD.ID ini.

Kami bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada Kitabisa dari banyaknya kolaborasi kebaikan dengan JD.ID. Salah satunya di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, JD.ID turut bergabung bersama program HARDOLNAS (Hari Donasi Online Nasional) sebagai #Brandbaik Kitabisa. Semoga melalui gerakan ini, senyum bahagia anak-anak yang dibantu akan bertambah berkali kali lipat,” jelasnya.

Nah Beauty, untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan kepada para pelanggan JD.ID yang tergerak untuk berdonasi, JD.ID dan Kitabisa telah menyiapkan dua kanal donasi online, antara lain, seperti:

Halaman Galang Dana JD.ID pada Platform Kitabisa

Jika para pelanggan ingin melakukan donasi secara langsung pada platform Kitabisa, tanpa mengunjungi platform JD.ID. Maka, para pelanggan dapat mengakses-nya tautan berikut ini: https://kitabisa.com/campaign/jdberkahramadhan2022

Halaman galang dana pada platform donasi Kitabisa ini telah dilengkapi fasilitas berbagai metode pembayaran, seperti pembayaran instan, virtual account, transfer bank, dan kartu kredit yang akan semakin memudahkan para pelanggan untuk berdonasi.

Sebagai tambahan informasi, terkhusus pada tanggal 18 - 29 April 2022, dalam rangka memeriahkan HARDOLNAS (Hari Donasi Online Nasional), setiap donasi minimal Rp 5.000, akan digandakan 2x lipat oleh JD.ID, selama dana masih tersedia.

Belanja Sambil Donasi, #JDBerkah Spesial HARDOLNAS

Saat melihat produk-produk bertanda khusus #JDBerkah di aplikasi maupun website JD.ID, para pelanggan hanya perlu memilih produk/barang yang ingin dibeli, memilih paket donasi, lalu menyelesaikan pembayaran. Nominal yang bisa di donasikan adalah Rp 5.000.