Menu

Bosan Kurus? Coba Deh Konsumsi Makanan Ini, Berat Badan Auto Nambah!

22 April 2022 11:25 WIB

Ilustrasi menaikan berat badan. (Unsplash/Natasha Spencer)

HerStory, Jakarta —

Seperti yang diketahui, banyak sekali orang yang berusaha untuk menurunkan berat badannya. Namun, apakah ada juga orang yang ingin menaikkan berat badannya? Kalau kamu salah satunya, yuk tetap gulir ke bawah!

Meskipun terdengar mudah, menambah berat badan bisa saja menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang, ada yang sudah makan banyak tapi tak naik juga berat badannya.

Umumnya, untuk dapat menambah berat badan, kamu harus menambah jumlah kalori hairan dengan nutrisi dan makanan yang tepat, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan juga gula alami.

Penambahan kalori juga harus dilakukan secara bertahap, yakni sekitar 300-500 kalori per hari. Jika ingin cepat, mungkin bisa menambahkan kalori sebesar 700-1.000 kalori.

Berikut ini adalah daftar makan sebagai asupan kalori untuk menambah berat badan. Yang dirangkum dari laman Hellosehat.com.

1. Nasi

Nasi menjadi salah satu sumber karbohidrat yang dapat menambah berat badan. Makanan ini padat kalori dan karbohidrat, tentunya akan membantu dalam menambah berat badan kamu.

Sekitar 100 gr nasi, terkandung sekitar 180 kalori dan 39,8 gr karbohidrat. Nasi sendiri cocok dengan berbagai sumber lauk dan sayuran sehingga mudah untuk dikonsumsi.

2. Kentang dan umbi-umbian

Umbi-umbian seperti kentang, singkong, ubi jalar, merupakan sumber makanan dengan karbohidrat kompleks atau biasa disebut pati.

Jenis makanan ini tinggi akan kalori. Dalam 100 gr kentang saja mengandung sekitar 62 kalori dan 13,5 gr karbohidrat.

Selain sebagai asupan kalori harian, pati juga menyediakan energi dalam bentuk glukosa dan sebagian akan disimpan dalam tubuh sebagai glikogen.

3. Roti gandum

Roti gandum juga menjadi sumber karbohidrat yang tak kalah mudah untuk kamu temui. Jenis makan ini terbilang sederhana, tapi menyediakan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam dua helai roti dari gandum utuh dapat mengandung sekitar 138 kalori, belum lagi ditambah dengan sumber gizi lain yang bisa ditambahkan dalam roti gandum.

Kamu bisa membuat sandwich, dengan isian telur, daging, atau keju sebagai makanan penambah asupan protein pada roti gandum.

4. Daging merah

Umumnya, daging merah berasal dari sapi, kambing, atau kerbau, yang merupakan bahan makanan berprotein tinggi yang dapat membentuk otot tubuh kamu.

Asupan protein dan olahraga yang teratur dapat membantu menaikkan massa otot. Secara tak langsung, hal ini akan menambah berat badan kamu.

Nah, itulah 4 jenis makanan yang bisa menambah berat badan. Oh iya, jangan lupa dengan didampingi pola hidup yang sehat ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan