Menu

3 Syarat Rumah Ideal untuk Keluarga Muda yang Bisa Bikin Nyaman, Semua Penghuninya Dijamin Makin Betah

25 April 2022 15:59 WIB

Family picture. (Istimewa/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Rumah bukan saja tempat berkumpul keluarga, istirahat, dan berbagi kasih sayang dengan orang-orang terdekat. Namun, rumah juga bisa menjadi sumber inspirasi.

Untuk itu, penting bagi setiap keluarga menciptakan rumah yang ideal bagi kebutuhan mereka. Lantas, apa saja syarat rumah ideal agar semua penghuni serta tamu yang berkunjung ke sana merasa nyaman? Temukan di sini jawabannya, Moms.

Standar Minimal Ruang

Mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa rumah ideal itu harus mewah dan besar. Padahal belum tentu lho, Moms.

Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) via Kompas.com menerangkan bahwa rumah ideal merupakan rumah yang mampu memenuhi kebutuhan aktivitas si penghuni rumah itu sendiri, seperti adanya ruang untuk tidur, makan, kerja, duduk, mandi, kakus, cuci, masak, serta ruang gerak lain yang dibutuhkan oleh penghuninya.

Dari sisi ukuran rumah, standar minimal kebutuhan ruang per orang, yakni 7,2 meter persegi. Artinya, jika rumah dihuni 3 anggota keluarga, maka luas bangunan minimal 21,6 meter persegi, hasil dari perkalian jumlah anggota keluarga X standar minimal ruang.

Sementara berdasarkan hasil berbagai kajian, kebutuhan ruang per orang di Indonesia ialah 9 meter persegi. Oleh sebab itu, bila rumah dihuni tiga orang, luas bangunannya minimal 27 meter persegi (hasil 3 anggota keluarga X 9 meter persegi). Jika lebih dari 3, cukup dikali saja dengan 9 meter persegi. Selanjutnya, dari sisi lahan sendiri, rumah ideal harus berdiri di atas lahan Minimal 60 meter persegi ataupun Standar 72-90 meter persegi.

Desain Interior yang Sesuai Kebutuhan

Desain bukan saja bermanfaat untuk mempercantik rumah, Moms. Desain juga penting untuk membuat rumah semakin nyaman untuk ditinggali. Walau desain rumah ideal juga dipengaruhi oleh tampilan tampak luar (eksterior), namun desain interior juga tetap menjadi elemen terpenting terkait kenyaman semua penghuni & siapa pun yang datang ke rumah tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, seenggaknya ada tiga inspirasi desain rumah idaman yang layak kamu coba.

Skandinavia, desain ini fokus pada nuansa material alami seperti elemen kayu dan daun yang ada di dalam rumah. Desain ini cocok buat kamu yang mengharapkan nuansa hangat bersama keluarga di rumah.

Compact house, desain ini biasanya menyatukan fungsi beberapa ruangan berbeda dalam satu ruangan. Compact house cocok diterapkan oleh kamu yang mendirikan rumah di lahan terbatas.

Japanese style, desain ini menerapkan kreasi ruang-ruang kosong di setiap sisi ruangan. Desain ini cocok menjadi salah satu pilihan untuk gaya hidup modern yang simpel & minimalis.

Selain tiga desain di atas, ada juga gaya rumah klasik, futuristik & industrial yang bisa jadi alternatif. Namun, yang terpenting adalah pembuatan desain disesuaikan dengan kebutuhan, budget, & kesepakatan bersama keluarga.

Kuat & Tahan Lama

Bayangkan, lagi enak-enaknya bersantai atau bercengkrama dengan orang-orang terdekat, namun secara tak sengaja kamu melihat dinding retak-retak & cat yang mengelupas. Belum lagi kalau hujan, bisa-bisa atap malah bocor gak karuan. Duh, jadi percuma kalau punya rumah estetis tapi gak tahan lama, iya kan?  Karena itu, jangan lupakan aspek ketahanan bangunan ya.

Tipsnya, kalau kamu membangun rumah sendiri dari nol, kamu wajib menggunakan bahan-bahan bangunan yang bermutu & berkualitas. Selain itu, pastikan juga pekerja yang membangun telah melakukan pekerjaannya sesuai prosedur & desain.

Sementara buat kamu yang berniat membeli rumah yang sudah jadi, pastikan developer-nya terpercaya & punya track record bagus di bisnis properti di Indonesia. Pilihan memiliki rumah secara kredit pun bisa kamu jadikan alternatif lain saat hendak mewujudkan rumah impian. Pasalnya, developer terkemuka biasanya sudah bekerja sama dengan bank terpercaya yang menyediakan fasilitas KPR, seperti KPR BCA.

Dari semua penjelasan di atas, kamu sudah tau seperti apa rumah ideal. So, tunggu apa lagi? Ayo segera praktikkan tips & trik di atas agar rumahmu semakin nyaman dihuni!

Tambahan informasi penting buat kamu & pasangan yang sedang mencari rumah idaman atau dalam proses mewujudkan hunian ideal, jangan lewatkan penawaran spesial dari BCA berupa bunga spesial KPR di BCA Expoversary 2022 ya!

Di BCA Expoversary 2022 ini, KPR BCA hadir dengan beragam pilihan suku bunga lho. Salah satunya adalah suku bunga spesial 2.65.p.a fix 1 tahun. Selain itu, masih ada juga suku bunga spesial Fix 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, sampai 5 tahun lainnya. Kemudian ada juga suku bunga spesial Fix & Cap yang menawarkan Fix 2 tahun dan Cap 3 tahun. Yang membuat lebih spesial adalah semua suku bunga tersebut berlaku untuk rumah baru maupun second.

[Join BCA Expoversary 2022]

Tertarik wujudkan angan-angan punya rumah menjadi nyata bersama BCA? Langsung aja kunjungi BCA Expoversary 2022.