Menu

Berikut ini Deretan Makanan Penuh Kandungan Zat Besi yang Direkomendasikan WHO!

13 Agustus 2020 15:00 WIB

Kumpulan makanan sehat. (unsplash/Dan Gold)

HerStory, Jakarta —

Di tengah masa pandemik ini kesehatan tubuh menjadi salah satu hal yang sangat wajib kita jaga, salah satu cara untuk mengaja kesehatan tubuh adalah dengan memakan makanan bergizi. Makanan dengan kandungan zat besi juga menjadi rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menjaga kesehatan tubuh.

Zat besi dibutuhkan untuk transportasi oksigen, sintesis DNA dan juga metabolisme otot. Jika kamu jarang memakan makanan yang mengadung zat besi maka kamu akan mudah terserang anemia atau penurunan kadar hemoglobin.

Menurut data yang dimiliki oleh WHO, terdapat 33% wanita enggak hamil, 40% wanita hamil dan 42% anak-anak yang lahir menderita anemia di seluruh dunia.

Untuk itu, berikut makanan yang bisa membantu kamu dalam mencegah Anemia!

Telur

Telur memiliki kandungan protein yang kaya, zat besi serta vitamin. Di dalam 100 gram telur memiliki kandungan 1,2 miligram zat besi di dalamnya.

Daging dan Ikan

Daging dan ikan memiliki kandungan zat besi yang kaya. Ikan salmon dan tuna bisa kamu konsumsi sebanyak 2-3 kali seminggu untuk meningkatkan zat besi di dalam tubuh kamu.

Sayuran Hijau

Kemudian ada sayuran hijau khususnya adalah bayam. Bayam dikenal dengan kandungannya yang memiliki 2,7 miligram zat besi di dalam 100 gram bayam. Selain bayam, terdapat sayuran kankung dan juga kacang polong yang memiliki kandungan yang mirip dengan bayam.

Biji-bijian

Untuk kamu yang suka ngemil kacang-kacangan maka kamu sudah membantu tubuh kamu untuk menambahkan zat besi. Di dalam 100 gram kacang campuran yang dipanggang secara ringan dengan garam dan juga minyak memiliki kandungan sebesar 2,6 miligram zat besi.

Selamat mencoba, Beauty!

Artikel Pilihan