Menu

9 Makanan Paling Disukai tapi Mengerikan Bagi Tubuh, Nomor 1 Jadi Favorit

28 April 2022 12:35 WIB

Granola.(Flickr/Edited By HerStory)

HerStory, Bekasi —

Makanan kemasan dan makanan yang nampak menarik memang terlihat menggiurkan. Padahal, makanan tersebut gak selalu baik untuk tubuh, lho.

Faktanya, gak ada makanan kemasan yang bebas dari bahan kimia. Meski mengenyangkan, makanan tersebut hanya membahayakan tubuh dalam jangka panjang. Berikut daftar 9 makanan bergizi buruk yang harus dihindari agar bisa menjalani hari esok yang lebih sehat, dilansir Times of India.

Kentang goreng

Camilan ini sarat dengan lemak trans dan kalori. Menurut para ahli, rasa camilan ini sangat membuat ketagihan sehingga kamu tidak akan puas hanya dengan satu porsi. Padahal, konsumsi minyak trans berlebihan dapat menyebabkan masalah jantung yang parah. 

Sereal manis

Makanan ini rendah serat dan tinggi gula, kombinasi yang hanya dapat mengundang penyakit dan membuat seseorang gemuk. Menurut para ahli, jika kamu ingin sarapan dengan sereal, pilihlah yang mengandung kurang dari 10 gram gula dan setidaknya 3 gram serat. 

Juga, ingatlah bahwa sereal manis dicampur dengan Butylated Hydroxytoluene (BHT) atau BHA (Butylated Hydroxyanisole), yang tidak baik untuk jantung. 

Minuman manis

Sesaat minuman manis bisa memberikan kenikmatan. Namun dalam jangka panjang, mereka hanya akan menyebabkan penderitaan. Sesuai penelitian, minuman soda atau cola meningkatkan kemungkinan mengembangkan diabetes tipe 2 dan bikin gemuk. 

Minuman tersebut juga menyebabkan gigi berlubang, bahkan minuman buah kemasan sama berbahayanya. Oleh karena itu, dianjurkan hanya mengonsumsi buah-buahan segar, susu murni dan air putih.

Dessert

Dessert yang Instagramable memang terlihat menggoda, tapi tidak baik untuk tubuh. Selain dibuat dengan gula buatan, dessert sarat dengan natrium, yang hanya akan meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. 

Gula putih

Meski Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan asupan gula 25 gram setiap hari, namun para ahli kesehatan percaya bahwa gula buatan yang tersedia di pasaran, sama sekali tidak layak untuk dikonsumsi. 

Gula tersebut hanya dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung dan obesitas. Oleh karena itu, seseorang harus memilih jaggery atau madu untuk gaya hidup yang lebih sehat. 

Granola bar

Granola kerap dianggap sebagai camilan sehat, tetapi jika kamu memilihnya dengan bijak. Dengan banyaknya pilihan di pasar, ada kemungkinan dikemas secara tidak sehat yang sarat dengan bahan kimia dan gula buatan serta hanya akan membahayakan tubuh. 

Disarankan untuk memilih granola bar yang mengandung minimal 2 gram serat dan kurang dari 10 gram gula, yang memiliki sedikit atau tanpa lemak jenuh, dan sirup jagung fruktosa atau pemanis buatan.

Bacon dan sosis

Keduanya tinggi lemak jenuh dan mengandung tingkat tinggi produk akhir glikasi lanjut (AGEs), yaitu senyawa inflamasi yang dibuat ketika daging olahan ini dikeringkan, diasap dan dimasak pada suhu tinggi. 

Mereka juga mengandung nitrat dan nitrit yang dapat berubah menjadi nitrosamin karsinogenik ketika terkena panas tinggi dan menyebabkan masalah pernapasan yang parah. 

Kopi krimer

Meski dikatakan kopi krimer, pada kenyataannya gak ada krim sama sekali. Kopi tersebut hanya dibuat dengan gula, air dan kedelai atau minyak canola serta mengandung aditif sintesis seperti mono dan digliserida. 

Cake beku

Kue yang dibekukan tidak baik untuk tubuh, karena mengandung bahan kimia seperti pewarna yang terkontaminasi karsinogen (seperti warna karamel dan titanium dioksida) serta pewarna buatan. Banyak frosting yang juga mengandung propilen glikol, yang telah dikaitkan dengan kesehatan ginjal yang buruk.

Lihat Sumber Artikel di Viva

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan