Menu

Waspada! Selalu Cek 5 Hal Ini pada Kondom Sebelum Hubungan Seks Ya! Bisa Fatal Lho...

10 Mei 2022 08:45 WIB

Illustrasi kondom yang dilepas dari vagina (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hingga saat ini, kondom masih dipercaya sebagai alat untuk mencegah penularan penyakit seksual dan mencegah kehamilan. Namun, karena terburu-buru ketika memakainya, banyak orang yang acuh dan tak lagi memeriksa kondisi kondom mereka ketika hendak digunakan.

Padahal kerusakan dan kesalahan menggunakan kondom bisa berakibat fatal. Untuk mengetahui kesalahan kondom yang cenderung dilakukan orang dan hal-hal yang harus diperiksa setiap orang sebelum menggunakan kondom, Dilansir dari Healtshots, dr Swati Gaikwad, Konsultan Obstetrician and Gynaecologist, Motherhood Hospital, Pune.

Berikut 7 kesalahan kondom yang harus dihindari saat menggunakan kondom:

1. Periksa apakah kemasannya benar

Kesalahan pertama yang bisa dilakukan orang ketika datang ke kondom adalah tak memeriksa kemasannya.

“Sebelum membeli kondom, harus dipastikan kemasannya benar dan tak rusak. Jangan membeli kondom jika sudah terbuka, berubah warna, rapuh, atau berlubang,” kata Dr Gaikwad.

Bahkan, jika kondom tampak kering, kasar, dan lengket, buang ke tempat sampah dan gunakan yang baru. Juga, jangan biarkan pasangan kamu menggunakan gigi atau kukunya untuk merobek paket kondom.

2. Periksa tanggal kedaluwarsa

Setelah memeriksa kemasan kondom apakah ada kerusakan, jangan lewatkan memeriksa tanggal kedaluwarsa.

Dr Gaikwad mengatakan, "Sama seperti obat-obatan dan produk lainnya, Anda harus terlebih dahulu memeriksa tanggal kedaluwarsa dan kemudian membeli kondom."

Jadi, hindari membeli jika sudah kedaluwarsa dan jangan pernah membeli kondom tanpa membaca tanggal kedaluwarsa. kamu dapat menemukan tanggal kedaluwarsa yang tercetak di bagian belakang paket kondom. Memeriksa tanggal kedaluwarsa dan kemasan sebelum dan selama hubungan seksual dapat merusak suasana hati kamu. Jadi setelah memeriksa kedua hal ini, pastikan kamu menyimpan kondom di laci dekat tempat tidur kamu.

Apa yang terjadi jika kamu menggunakan kondom kedaluwarsa? Nah, kondom yang kadaluarsa bisa meningkatkan risiko hamil dan penyakit menular seksual (PMS), membuat kondom kurang efektif.

3. Periksa kondom lateks

Apakah kamu sadar? Kondom lateks yang terbuat dari karet alam dapat mencegah infeksi menular seksual dan kehamilan yang tak diinginkan. Dengan demikian, kamu dapat memilih mereka. Namun, jika kamu atau pasangan kamu alergi terhadap lateks, ada banyak opsi lain yang tersedia. kamu dapat memilih kondom yang terbuat dari bahan alternatif seperti lapisan usus domba, poliuretan, atau kondom kulit domba.

4. Periksa cara menyimpan kondom dengan benar

Tahukah kamu bahwa kondom perlu disimpan di tempat yang sejuk dan kering jauh dari sinar matahari langsung, panas, dan kelembaban. Cobalah untuk menyimpannya di dompet, ransel, atau laci. Jangan tinggalkan di dompet atau di dalam saku pakaian kamu. Melakukannya dapat menurunkan lateks.

5. Periksa tentang penggunaan

Apakah kamu benar-benar berpikir bahwa kamu dapat menggunakan kondom dua kali? Ladies, jangan lakukan kesalahan ini. Dr Gaikwad berkata, “Hindari menggunakan kembali kondom karena bisa rusak. Dilarang keras menggunakan kondom yang sudah dibuka.” Gunakan kondom baru setiap kali kamu berhubungan seks dan sarankan pasangan kamu untuk melakukan hal yang sama!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan