Menu

Sering Dianggap Gak Sehat, Ternyata Coklat Bawa Banyak Manfaat Bagi Tubuh Lho! Salah Satunya...

10 Mei 2022 09:30 WIB

Roti Jala Pisang Saus Coklat (Instagram/ayoe_widya83)

HerStory, Jakarta —

Sering dianggap jadi sumber penyakit terutama sakit gigi dan membuat gemuk karena kandungan gulanya, siapa sangka kalau ternyata coklat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh lho! Kandungan utama coklat, kokoa ternyata memiliki zat flavanol.

Untuk diketahui, zat flavanol dalam cokelat mengandung antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan sel. 

Bahkan, masih terdapat sejumlah manfaat kesehatan lainnya dari mengonsumsi cokelat. Berikut daftarnya dikutip dari Halodoc.

1. Mengandung Mikronutrien

Cokelat memiliki kandungan delapan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, cokelat pun memiliki beragam vitamin. Seperti, vitamin A, B1, B2, E, dan mineral, magnesium, zat besi, kalium, serta fosfor.

2. Punya Efek Stimulan 

Tanaman penghasil cokelat, Kakao, mempunyai sejumlah komponen dengan efek stimulan bagi tubuh. Salah satunya ialah kafein atau stimulan fisik, dan pencernaan. 

Selain itu, salah satu jenis cokelat yaitu dark chocolate atau cokelat hitam diketahui punya manfaat dalam meningkatkan fungsi otak. 

Hal ini diketahui dari studi yang dipublikasikan Journals of Cardiovascular Pharmacology pada 2006 lalu. Penelitian itu menjelaskan, memakan kakao dengan flavanol tinggi dalam lima hari bisa meningkatkan aliran darah ke otak. 

3. Memperbaiki Mood

Cokelat diyakini dapat memperbaiki mood atau suasana hati sebab mengandung komponen feniletamin. Sejumlah kandungan cokelat pun disebut mempunyai efek antidepresan. 

Bahkan, kandungan magnesium pada cokelat pun mempunyai peran penting dalam menjaga keseimbangan mood supaya tetap stabil.

4. Cokelat Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan pun ada pada cokelat. Antioksidan diyakini mempunyai peran penting dalam melindungi sistem kardiovaskular tubuh serta mencegah kanker.

5. Menangani Stres

Memakan cokelat jenis dark chocolate atau cokelat hitam disebut bisa menangani stres. Hal ini menurut sejumlah studi yang menjelaskan, ketika seseorang makan cokelat hitam, tersapat penurunan kadar hormon stres kortisol. 

6. Menekan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Ternyata, memakan cokelat hitam pun dipercaya mempunyai berbagai manfaat dalam menghindari seseorang terkena penyakit kardiovaskular. 

Nah, itulah sejumlah manfaat makan cokelat bagi tubuh. Walaupun begitu, kamu tetap tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. 

Hal ini dikarenakan, makan cokelat berlebihan dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Seperti, menaikkan berat badan, yang berujung obesitas. 

Selain itu, pastikan pula untuk senantiasa makan makanan sehat bergizi seimbang. Hal ini bertujuan sipaya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuhmu bisa terpenuhi dengan baik. 

Selain itu, kamu pun bisa mengonsumsi suplemen kesehatan untuk memenuhinya. Semoga bermanfaat!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.