Menu

Moms Mesti Tahu! Ini 4 Manfaat Konsumsi Buah Nanas untuk Si Kecil, Nomor 3 Penting Banget!

10 Mei 2022 13:45 WIB

Buah Nanas. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Buah nanas atau yang biasa kita temui di Indonesia dan sudah menjadi buah favorit orang Indonesia. Selain enak, buah ini juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh karena mengandung beragam vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Berdasarkan tinjauan dr. Meva Nareza dalam laman resmi Alodokter, buah nanas memiliki sejumlah kandungan seperti mangan, kalium, magnesium, vitamin B6, vitamin C, asam folat, dan tiamin. Tak hanya itu, buah nanas juga kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, beta karoten, dan flavonoid, serta enzim bromelain.

Apa saja manfaat yang didapat jika anak-anak mengonsumsi buah nanas? Berikut 4 manfaat konsumsi buah nanas bagi sang buah hati.

1. Membantu Menguatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Menurut dr. Meva Nareza, buah nanas memiliki vitamin C dan enzim bromelain yang mempunyai peranan penting untuk menguatkan daya tahan tubuh serta mengatasi peradangan. Buah ini juga cocok dijadikan camilan sehat untuk anak. Buah nanas bisa diolah menjadi manisan, olahan bolu, atau dijadikan selai sebagai pendamping roti.

2. Pendukung Kinerja Pencernaan pada Perut Anak

Seperti penjelasan di atas, Enzim bromelain yang ada dalam buah nanas juga berperan sebagai protease, yaitu pemecah molekul protein ke dalam ukuran yang lebih kecil dan mudah dicerna.

Selain itu, berdasarkan tinjauan dr. Meva, enzim pada buah ini juga dapat menangkal bakteri jahat yang menginfeksi saluran cerna, sehingga buah nanas jika dikonsumsi dapat menurunkan risiko anak mengalami diare.

3. Menurunkan Risiko Kerusakan Sel Tubuh Anak

Buah nanas menurut dr. Meva adalah buah yang mempunyai kadar antioksidan tinggi. Perlu diketahui, keberadaan antioksidan berperan penting untuk tubuh.

Antioksidan bisa melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh anak. Dengan terlindungnya sel tubuh dari radikal bebas, anak bisa terbebas dari risiko berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit kanker.

4. Mencegah Munculnya Penyakit Cacingan

Dilansir dalam Alodokter, anak-anak yang sedang berumur 6–12 tahun atau usia sekolah umumnya rentan mengalami cacingan. Keadaan ini jangan dianggap sepele, ya Mom! Kondisi ini bisa menyebabkan anemia dan kekurangan gizi, sehingga mereka bisa jadi mudah mengantuk, malas belajar, serta menurun IQ-nya. Hal ini tentunya akan berdampak pada prestasi mereka.

Kamu bisa memberikan buah nanas untuk dikonsumi jika anak sedang mengalami cacingan. Buah nanas bisa disajikan langsung dalam potongan-potongan kecil, atau dalam bentuk buah kering, jus, es krim buatan, salad buah dan sebagainya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari buah nanas untuk mendukung tumbuh kembang anak. Selamat mencoba, ya Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.