Menu

4 Pemahaman Sosial yang Salah Ketika Berumah Tangga, Segera Hindari Ya!

17 Mei 2022 09:45 WIB

Relationship (Unsplash/NeONBRAND)

HerStory, Jakarta —

Tak ada yang bisa memastikan hubungan rumah tangganya agar berjalan dengan kehendaknya dan mulus tiada masalah. Semua hubungan rumah tangga pasti penuh dengan lika-liku dan masalah yang harus dihadapi.

Meski begitu, ada beberapa pandangan mengenai kehidupan rumah tangga yang dipahami oleh masyarakat kita. Dari berbagai pandangan yang ada, ada yang benar dan ada yang salah. Pandangan tersebut biasanya muncul dari contoh kasus dalam beberapa rumah tangga namun dipukul sama rata pada setiap keluarga.

Anggapan atau pemahaman yang salah dalam rumah tangga bisa berakibat buruk bagi yang mempercayainya. Misalnya dapat membuat hubungan suami dan istri menjadi kurang harmonis atau pembagian peran dan tanggung jawab yang tak adil.

Berikut ini adalah 4 anggapan salah kaprah mengenai kehidupan rumah tangga.

1. Istri Harus Mengurus Rumah Saja

Masih banyak orang yang membedakan kedudukan antara suami dan istri dalam rumah tangga. Misalnya saja dalam tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

Seorang suami akan bebas bekerja untuk mencari nafkah di luar, namun tak bagi seorang istri. Banyak orang yang masih beranggapan bahwa tugas seorang wanita atau istri hanyalah mengurus pekerjaan rumah atau pekerjaan domestik saja.

Padahal, seorang istri juga memiliki potensi dalam dirinya. Zaman sekarang ini perempuan bisa mendapat akses pendidikan dan kemampuan sama seperti laki-laki.

Jadi, tak ada alasan seorang istri tak boleh bekerja dan hanya mengurus rumah tangga saja. Apabila istri memiliki keinginan untuk bekerja di luar, maka hal tersebut bisa didiskusikan dengan suami asalkan tak mengabaikan tugas masing-masing.

2. Suami Tak Boleh Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Anggapan bahwa pekerjaan runah atau domestik adalah tugas perempuan yang masih melekat membuat banyak orang bahwa seorang laki-laki atau suami tak pantas mengerjakan pekerjaan tersebut.

Padahal, tak ada aturan yang memberikan tugas domestik secara khusus kepada perempuan dan melarang laki-laki melakukannya.

Kerja sama antara suami dan istri dalam mengerjakan pekerjaan rumah justru dapat membuat hubungan menjadi semakin harmonis. Melakukannya bersama-sama dapat meningkatkan chemistry antara suami dan istri.

Selain itu, pekerjaan tersebut akan terasa lebih menyenangkan dan tak berat untuk dilakukan.

3. Masalah Harus Dipendam Sendiri

Banyak orang yang beranggapan bahwa masalah harus dipendam sendiri dan disembunyikan dari pasangannya. Masalah ini bisa berupa masalah dengan orang lain maupun masalah dengan pasangannya sendiri. Masalah dengan pasangan sendiri dapat berupa perbedaan pendapat maupun ketaksukaan mengenai suatu hal dalam diri pasangan.

Beberapa orang memilih untuk memendam masalah tersebut sendiri dan tak menyampaikan pada pasangannya karena khawatir akan menimbulkan masalah.

Padahal, dengan menyampaikan maka masalah tersebut dapat diatasi bersama meskipun dengan sedikit konflik. Hal ini lebih baik daripada menumpuk masalah yang bisa membuatnya membesar dari waktu ke waktu.

4. Keputusan Keluarga Diambil oleh Suami secara Sepihak

Karena anggapan bahwa kedudukan suami lebih tinggi dari istri, maka banyak orang yang berpikiran bahwa suami berhak mengambil keputusan keluarga secara sepihak. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang bijak. Mengingat keputusan keluarga akan dijalankan bersama, maka alangkah lebih baik jika keputusan tersebut diambil bersama.

Belum tentu pendapat seorang suami benar. Bisa jadi pendapat istri lebih baik dari pendapat suami. Oleh karena itu, tak ada salahnya melibatkan istri dalam hal pengambilan keputusan.

Demikian 4 pemahaman yang salah kaprah mengenai kehidupan rumah tangga. Semoga kita selalu diberkahi kebaikan dalam rumah tangga kita.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan