Menu

Moms Mesti Ingat! Ini 5 Makanan yang Tak Boleh Dipanaskan, Nomer 3 Paling Sering Nih!

17 Mei 2022 12:35 WIB

Bayam (Unsplash/Luis Hansel)

HerStory, Jakarta —

Semua orang pasti pernah memanaskan makanan di dalam hidupnya. Biasanya, kebiasaan ini dilakukan karena ada makanan berlebih yang masih bisa dinikmati namun sudah tak lagi hangat dan menarik untuk disantap. Untuk menggugah selera, biasanya mereka akan memanaskan makanan ini sebelum disantap.

Namun, tahukah kamu Moms kalau ternyata tak semua masakan bisa kembali dipanaskan lho!

Sebab, ada beberapa jenis makanan yang ketika dipanaskan justru membuat kandungan nutrisi di dalamnya justru berkurang. Selain itu, memanaskan makanan tersebut juga dapat meningkatkan kadar kandungan zat yang tak sehat untuk tubuh dan yang paling berbahaya justru dapat membentuk zat racun di dalam makanan tersebut. Merangkum dari doktersehat.com, berikut 5 daftar makanan yang tak boleh dipanaskan. Simak baik-baik.

1. Bayam

Makanan yang berada di daftar pertama makanan yang tak boleh dipanaskan adalah bayam. Daun bayam memiliki kandungan nitrat yang cukup tinggi. Memanaskan sayur bayam hanya akan menghasilkan senyawa karsinogenik yang kemudian dapat memicu kanker. Selain itu, memanaskan sayur bayam juga dapat mengoksidasi kandungan zat besi yang ada di dalam bayam sehingga memicu radikal bebas. 

2. Wortel

Sama seperti halnya bayam, wortel juga memiliki kandungan nitrat yang apabila dipanaskan, dapat memicu tubuh terserang radikal bebas yang kemudian berujung timbulnya berbagai penyakit kronis, seperti hipertensi, aterosklerosis, dan lain sebagainya. 

3. Nasi 

Makanan pokok yang satu ini rasanya sering kita panaskan. Akan tetapi, nyatanya nasi tak boleh dipanaskan. Sebab, mengonsumsi nasi dingin yang telah dipanaskan justru lama-kelamaan dapat memberikan efek buruk pada kesehatan kita.

Menurut Foods Standards Agency (FSA), mengonsumsi nasi yang telah dipanaskan cukup berbahaya karena pada makanan pokok tersebut terdapat bakteri yang sangat resistan, yaitu bakteri Bacillus Cereus. Bakteri ini memang dapat dibunuh dengan cara dipanaskan, namun hal ini ternyata juga dapat menghasilkan spora yang kemudian dapat membuat kita keracunan ketika masuk ke dalam tubuh. 

4. Kentang 

Bahan makanan yang satu ini kaya akan vitamin C, potasium, dan vitamin B6. Jika makanan ini dipanaskan berulang kali, maka dapat memicu munculnya bakteri Clostridium Botulinum. Bakteri ini termasuk bakteri yang dapat menyebabkan keracunan langka yang bernama botulisme yang dapat berakibat fatal. 

5. Seledri

Kandungan nitrat yang tinggi di dalam seledri dapat berubah menjadi racun ketika kita memanaskannya kembali. Hal ini disebabkan, ketika terkena panas, nitrat tersebut akan berubah menjadi nitrit yang di mana apabila ada terlalu banyak nitri di dalam tubuh kita, hal itu dapat meningkatkan risiko terkena methemoglobinemia.

Methemoglobinemia sendiri ialah kondisi ketika nitrit dalam darah berinteraksi dengan hemoglobin serta zat besi yang kemudian membuat darah kita tak mampu membawa oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Efek samping paling fatal dari kondisi ini dapat menyebabkan kejang, bahkan hingga kematian.

Itulah lima daftar makanan yang tak boleh dipanaskan. Ada baiknya, kita menghindari untuk memanaskan makanan-makanan tersebut mulai sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan