Menu

Rambut Kembali Hitam Berkilau, Begini Lho Cara Hilangkan Uban dengan Bahan Alami! Sudah Siap Bikin Pangling?!

20 Mei 2022 11:45 WIB

ilustrasi rambut beruban (klikdokter/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Biasanya, karena proses penuaan dan bertambahnya usia, kandungan melanin pada rambut terlihat semakin memudar. Hal ini biasanya ditandai dengan tumbuhnya rambut berwarna putih yang biasa juga disebut uban. Namun, adakah cara alami yang bisa meminimalisir atau menghilangkan uban tersebut?

Kemunculan uban seringkali mengganggu percaya diri. Oleh sebab itu, tak sedikit dari mereka yang memilih untuk menutupi uban dengan mengecat rambut. Namun, perlu kamu tahu bahwa sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk mengatasi uban dengan bahan alami.

Dilansir dari laman be beautiful, berikut 6 Bahan Alami Pencegah Rambut Beruban

1. Teh Hitam

Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan uban adalah teh hitam yang sudah diseduh. Caranya, rebus 2 sendok makan teh hitam dengan secangkir air dan 1 sendok teh garam. Setelah larutan dingin, oleskan ke rambut beruban secara meluruh dan tunggu sampai mengering.Kandungan antioksidan pada kafein teh hitam dapat menambah rona hitam alami pada rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

2. Minyak Almond dan Jus Lemon

Kandungan vitamin E pada minyak almond memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan rambut, salah satunya memelihara akar dan mencegah rambut beruban. Dengan tambahan jus lemon, rambut akan terlihat mengkilap dengan volume yang bertambah.

Minyak almond dan jus lemon merupakan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Setelah mendapatkannya, campur kedanya dengan perbandingan minyak almond dan jus lemon 2:3, oleskan sambil memijat kulit kepala dan cuci bersih setelah 30 menit.

3. Kopi dan Henna Kondisioner

Cara menghilangkan uban selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta dari campuran bubuk kopi dan Henna. Larutkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan air mendidih dan tunggu sampai membentuk pasta.

Setelah itu, diamkan selama beberapa jam untuk kemudian ditambahkan henna. Selanjutnya, oleskan pada rambut dan cuci bersih satu jam setelahnya.

4. Jus Bawang

Jika kamu tahan dengan bau bawang merah, kamu bisa menggunakannya sebagai pencegahan rambut beruban. Caranya, campurkan 2-3 sendok teh jus bawang dengan 1 sendok teh jus lemon, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Setelah itu, oleskan ke rambut hingga kulit kepala sambil dipijat dan bilas setelah didiamkan selama setengah jam.

Bawang merah juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Biji Amla dan Methi

Amla merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan terbukti bagus untuk memperbaiki berbagai macam masalah rambut. Sementara itu, untuk menghitamkan rambut dengan biji amla, caranya cukup campurkan 6-7 biji amla dengan 3 sendok makan minyak dan didihkan selama beberapa menit.

Setelah itu, tambahkan satu sendok makan bubuk methi. Dinginkan dan saring terlebih dahulu sebelum dioleskan di kepala. Lakukan cara ini di malam hari dan cuci bersih pagi harinya.

6. Daun Kari dan Minyak

Rebus daun kari dan minyak dengan perbandingan yang sama sampai warnanya menghitam. Setelah itu, dinginkan dan saring untuk dioleskan ke rambut secara rutin, seenggaknya 2-3 kali seminggu.

Kandungan vitamin B pada daun kari berfungsi untuk mengembalikan pigmen melanin di folikel rambut sehingga mencegah rambut beruban.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.