Menu

Jangan Sepelekan, 7 Tanda pada Kulit Wajah Ini Ungkap Penyakit dalam Tubuh! Nomer 5 Ngeri…

24 Mei 2022 10:35 WIB

Ilustrasi penuaan kulit. (pinterest/freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kulit, tak terkecuali kulit wajah adalah cerminan kesehatan dalam tubuh. Banyak yang terjadi di dalam tubuh direfleksikan melalui kulit, namun orang cenderung mengabaikannya.

Terjadinya perubahan pada kulit wajah seperti jerawat, ruam-ruam atau berubah warna dan teksturnya seringkali disepelekan. Namun menurut para ahli, ternyata beberapa kelainan tersebut bisa berakibat serius.

Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat 7 hal yang coba disampaikan oleh kulit wajahmu, Beauty.

1. Wajah memerah bisa jadi tanda Rosacea

Apakah kamu berpikir bahwa wajahmu selalu merah? Bisa jadi kamu menderita penyakit yang disebut rosacea, Beauty. Ini adalah kondisi kulit umum yang menyebabkan kemerahan dan benjolan kecil berisi nanah. Ini bukan kondisi yang serius tetapi membutuhkan perawatan medis untuk menghilangkannya. Sayangnya, terkadang itu bisa menjadi tanda penyakit lupus.

2. Jerawat seringkali jadi tanda ketidakseimbangan hormon

Jerawat yang berbeda dapat berarti masalah hormonal yang berbeda. Dari sindrom ovarium polikistik hingga menopause, jerawat bisa menjadi indikasi ketidakseimbangan hormon yang mendasari yang tak kamu sadari, Beauty.

3. Jerawat di sekitar mulut? Bisa jadi infeksi

Infeksi bakteri sering kali menyebabkan jerawat di sekitar mulut. Ini kebanyakan terjadi ketika kita terlalu sering menyentuh wajah kita dengan tangan. Lain kali cuci tangan sebelum menyentuh wajah.

4. Mata bengkak menandakan masalah gaya hidup

Kurang tidur, tentu saja, adalah salah satu penyebab utama penampilanmu rusak kan, Beauty? Namun menurut Mayo Clinic, alergi, merokok, dan makan terlalu banyak garam juga bisa membuat kantung di bawah mata.

5. Vitiligo bisa jadi tanda diabetes

Bintik-bintik putih atau bercak pada kulit bisa menjadi indikasi diabetes atau anemia. Jadi jangan abaikan jika kulitmutiba-tiba mulai berubah warna.

6. Jerawat di sekitar hidung bisa berarti gangguan pencernaan

Jika jerawatmu sering berkembang di sekitar hidung dan mulut, itu bisa berarti masalah pencernaan atau kepekaan terhadap makanan. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan apa yang menyebabkan breakout.

7. Kulit kering bisa menjadi tanda tiroid

Kulit kering adalah masalah umum yang mempengaruhi hampir semua orang. Bisa jadi karena mandi air panas atau tak memakai lotion yang cukup. Namun terkadang, itu bisa menjadi tanda ketidakseimbangan hormon seperti tiroid yang rendah, seperti dilansir Huffington Post.