Menu

Dijual di Apotek, Penderita Tekanan Darah Tinggi Wajib Punya Obat Ini, Topcer Moms!

24 Mei 2022 23:40 WIB

Ilustrasi meminum obat (Freepik)

HerStory, Rembang —

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dibiarkan dapat berisiko menyebabkan komplikasi hipertensi, seperti serangan jantung atau stroke ya Moms.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, penderita tekanan darah tinggi mungkin perlu mengonsumsi obat untuk menurunkan tekanan darahnya. Obat darah tinggi ada yang dijual di apotek dan sangat beragam.

Namun, setiap obat darah tinggi punya manfaat yang berbeda. Kamu harus konsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat darah tinggi yang tepat.

Berikut ini adalah jenis-jenis obat darah tinggi yang umum diberikan dokter dan dijual di apotek. Apa saja ya?

1. Bystolic

Nebivolol digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Menurunkan tekanan darah tinggi membantu mencegah stroke, serangan jantung , dan masalah ginjal.

Obat ini termasuk dalam golongan obat yang dikenal sebagai beta blocker. Ini bekerja dengan cara memblokir tindakan zat alami tertentu di tubuh, seperti epinefrin, pada jantung dan pembuluh darah.

Efek ini menurunkan denyut jantung, tekanan darah, dan ketegangan pada jantung.

2. Diovan

Valsartan digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan gagal jantung. Hal ini juga digunakan untuk meningkatkan kesempatan hidup lebih lama setelah serangan jantung.

Pada orang dengan gagal jantung, mungkin juga menurunkan kemungkinan harus pergi ke rumah sakit karena gagal jantung. Valsartan termasuk dalam golongan obat yang disebut angiotensin receptor blocker (ARBs).

Obat ini bekerja dengan cara merelaksasi pembuluh darah sehingga darah bisa mengalir lebih mudah. Menurunkan tekanan darah tinggi membantu mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal.

3. Hydrochlorothiazide

Obat ini digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Menurunkan tekanan darah tinggi membantu mencegah stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal.

Hydrochlorothiazide termasuk dalam golongan obat yang dikenal sebagai diuretik / " pil air ." Ini bekerja dengan menyebabkan kamu membuat lebih banyak air kencing.

Ini membantu tubuh kamu menyingkirkan garam dan air ekstra. Obat ini juga mengurangi cairan ekstra dalam tubuh ( edema ) yang disebabkan oleh kondisi seperti gagal jantung, penyakit hati, atau penyakit ginjal.

Hal ini dapat mengurangi gejala seperti sesak napas atau bengkak di pergelangan kaki atau kaki kamu.