Menu

Penting! Kenali Gejala Serangan Jantung yang Jarang Diketahui

25 Mei 2022 21:00 WIB

Ilustrasi seorang wanita terkena serangan jantung. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Serangan jantung adalah masalah kesehatan serius yang sering terjadi ketika otot jantung mengalami penghentian aliran darah. Akibatnya, penyakit yang disebut juga sebagai sindrom koroner akut tersebut akan menyebabkan malfungsi jantung.

Jantung pun akan kehilangan kemampuannya dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Penderita berisiko mengalami kematian secara tiba-tiba.

Masalah heart attack disebabkan oleh banyaknya kolesterol jahat LDL (low-density lipoprotein) yang menumpuk di dinding arteri. Jika penyumbatan tersebut terjadi, tubuh akan berhenti bekerja, termasuk otak.

Untuk itu, Moms perlu mengetahui tanda-tanda seseorang memiliki penyakit jantung. Apa saja?

1. Suka mendengkur

Jika kamu mendengkur keras dan suaranya menyerupai terengah-engah, tandanya mengalami pengidap penyakit jantung. Karena, bisa menyebabkan sleep apnea yang menjadi faktor beresiko terjadi penyakit itu.

2. Berkeringat

Berkeringat merupakan reaksi alami dan sehat terhadap aktivitas fisik atau cuaca panas.

Akan tetapi, kamu berkeringat saat cuaca sednag dingin dan merasakan ketidaknyamanan pada dada perlu berhati-hati. Karena, itulah tanda mengidap penyakit jantung.

3. Lingkar leher

Ada sebuah studi dari Brazil menyatalkan bahwa pria memiliki leher besar beresiko tinggi terkena penyakit jantung. Pasalnya, timbunan lemak pada leher bisa menghasilkan zat peradangan yang membuat penumpukan plak di arteri karonis di leher. 

Alhasil, dapat menghambat kesehatan jantung.

4. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bisa dikatakan tanda masuk akal kamu pengidap penyakit jantung. Pasalnya, gangguan pencernaan tanda awal serangan jantung yang disebut infark miokard. Biasanya rentan terjadi kepada wanita ketimbang pria.