Menu

Sering Dibuang, Khasiat Daun Kemangi Dahsyat! Ampuh Atasi Penyakit Kronis Moms

27 Mei 2022 20:10 WIB

Daun Kemangi. (Pixabay/Kklosov)

HerStory, Rembang —

Sering dikonsumsi sebagai lalapan, rupanya daun kemangi memiliki segudang manfaat kesehatan jika rutin dikonsumsi Moms. Tanaman dengan daun kecil berwarna hijau ini diketahui mampu berperan sebagai zat anti-inflamasi dan melawan infeksi.

Dari kandungan nutrisi ini, kemangi ternyata dapat digunakan untuk mengobati beragam penyakit kronis. Apa saja?

1. Kesehatan Pencernaan

Kemangi dapat memperlancar pencernaan secara optimal. Kemangi bekerja dengan cara memperkuat sistem pencernaan dan saraf. Kemangi juga dapat bermanfaat untuk obat  sakit kepala dan insomnia.

Eugenol yang terdapat dalam daun menjadi anti-inflamasi di saluran pencernaan. Kemangi juga membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh yang tepat.

2. Sebagai Anti-inflamasi

Kemangi memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, sehingga terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan. Kandungan eugenol, sitronelol dan linalool di dalamnya turut membantu menurunkan peradangan.

Sifat anti-inflamasi dari kemangi juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kondisi radang usus. Konsumsi kemangi secara rutin juga bisa meredakan demam, sakit kepala, radang tenggorokan, masuk angin, batuk dan flu.

3. Melawan Radikal Bebas

Kemangi mengandung berbagai antioksidan alami, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat dari radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan stres pada tubuh.

Untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, seseorang harus menambah asupan antioksidan. Kemangi sendiri mengandung dua antioksidan penting, yang dikenal sebagai orientin dan vicenin are. Antioksidan ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menunda efek penuaan kulit.

4. Menyehatkan Kulit

Kemangi dapat membantu membersihkan kulit dari dalam, terutama bagi kamu yang memiliki kulit berminyak. Kemangi juga dapat membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Caranya cukup mudah, kamu bisa buat masker dari daun kemangi. Oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air bersih. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dari kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

5. Melawan Diabetes

Konsumsi kemangi secara rutin dapat menyebabkan pelepasan gula dalam darah secara lambat. Fungsi ini sangat berperan penting bagi penderita diabetes. Kemangi juga memiliki kandungan glikemik yang sangat rendah. 

Selain itu, Kemangi juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang merupakan salah satu faktor risiko pada penderita diabetes.