Menu

Masih Muda Tapi Pelupa? Begini Cara Mengasah Otak Biar Gak Gampang Lupa Beauty!

27 Mei 2022 22:35 WIB

Ilustrasi melupakan sesuatu hal. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Rembang —

Apakah kamu sering lupa padahal masih muda? Lupa memang hal yang manusiawi Moms. Penyebabnya cukup beragam, bisa karena bawaan lahir atau kebanyakan pikiran sehingga membuat cepat lupa.

Akibatnya, kebiasaan seperti ini membuat fungsi otak menurun. Lantas, bagaimana cara mengasah otak? Simak ulasan di bawah yuk Beauty!

1. Lakukan Senam Otak

Otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Senam otak dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti mengisi teka-teki silang, bermain puzzle, membaca, bermain catur, menguji ingatan dengan menghafal gambar, atau belajar memainkan alat musik. 

2. Berolahraga Secara Rutin

Kamu tidak perlu olahraga yang berat-berat apalagi sampai angkat beban. Cukup dengan lari, kardio, sit up atau squat jump saja, ini sudah membantu meningkatkan pertumbuhan neuron (sistem saraf pusat).

Asal tubuh bergerak, maka tingkat kesehatan otak akan bertambah secara perlahan. 

3. Aktif Bersosialisasi

Aktif bersosialisasi dan menjalin komunikasi, misalnya dengan teman, sahabat dan relasi kerja adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif. Berdiskusi dengan mereka membuat otak kita selalu bekerja.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa lansia yang memiliki komunitas untuk berkomunikasi lebih jarang mengalami demensia.  

4. Biasakan Diri Mengorganisir Hal-Hal Kecil

Sering sekali seseorang lupa menaruh barangnya. Oleh karena itu, cobalah merapikan barang-barang pribadi di sekitar. Mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang kembali pada tempatnya, menulis agenda harian dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Hal tersebut akan membuat otak lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga. 

5. Bermeditasi di Alam

Ada candaan seperti ini "sepertinya kamu kurang piknik". Hal itu biasanya dilontarkan ketika seseorang kurang kosentrasi ketika diajak berbicara. Piknik menjadi salah satu cara meningkatkan daya ingat.