Menu

Catat! Sering Diabaikan, ini Lho Manfaat Dahsyat Buah Leci untuk Kesehatan, Bisa Minimalisir Kanker dan Tingkatkan Imun Moms!

31 Mei 2022 07:45 WIB

Buah leci. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Leci atau Litchi chinensis bisa ditemui di berbagai supermarket di Indonesia. Bukan hanya karena rasanya yang manis seperti kelengkeng, buah ini digemari banyak orang karena manfaatnya lho! Biasanya, leci bisa diolah untuk berbagai masakan seperti pudding, es krim, jus, atau dicampur dengan teh.

Berdasarkan kandungannya, menurut dr. Airindya Bella dalam Alodokter, buah leci punya banyak nutrisi, seperti vitamin C, serat, magnesium, kalium dan flavonoid yang dipercaya berfungsi sebagai senyawa antioksidan. Berbagai nutrisi tersebut yang membuat buah leci bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Yuk, simak 5 manfaat buah leci di bawah ini.

1. Bantu Tingkatkan Sistem Imun

Seperti keterangan di atas, karena buah ini punya kandungan vitamin C, maka menurut dr. Airindya Bella dalam tinjauannya di Alodokter, buah leci mampu memenuhi 9i kebutuhan vitamin C bagi yang mengonsumsinya. Sehingga buah leci bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.  

2. Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah leci selanjutnya, buah leci bisa bantu jaga kesehatan jantung. Dikutip dari Alodokter, buah leci mengandung kalium yang dipercaya bisa merawat fungsi jantung. Selain itu, buah leci juga punya kandungan antioksidan sehingga bisa mengurangi peradangan kronis yang jadi penyebab penyakit jantung.

3. Bantu Tingkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat yang ketiga, kandungan kalium yang ada pada buah leci juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan otot dan saraf. Menurut Alodokter, mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti leci, juga diyakini mampu meningkatkan kekuatan pada tulang.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Alodokter menuturkan buah leci mengandung flavonoid yang cukup tinggi. Menurut dr. Airindya Bella, jika mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid secara teratur, maka tubuh mampu melawan penyebaran dan perkembangan sel kanker.

5. Bantu Atasi Gangguan Pencernaan

Mengutip dari dr. Patricia Lukas Goentoro dalam hellosehat, buah leci juga diduga bisa mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit. Manfaat ini bisa diserap karena kandungan serat yang tinggi pada buah leci bisa mendukung pergerakan usus dan melunakkan tinja, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran pencernaan.

Itulah kelima manfaat mengonsumsi buah leci yang bisa diserap oleh tubuh. Semoga bermanfaat, ya!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan