Menu

Catat! 4 Cara Mudah Rawat Rambut Panjang Sehat dan Hitam Pekat, Wanita Mesti Tahu!

31 Mei 2022 11:40 WIB

Ash Brown (Wella Professional)

HerStory, Jakarta —

Bagi orang Indonesia, mendapatkan rambut hitam panjang yang sehat dan berkilau adalah suatu anugerah. Ketika rambut terlihat sangat sehat, maka percaya diri juga akan meningkat.

Tapi jangan terkecoh, meski rambut hitam tebal berkilau orang Indonesia umumnya didapat secara cuma-cuma, kamu tetap harus melakukan perawatan khusus agar rambut tak cepat rusak.

Dilansir dari Boldsky, berikut empat cara mudah untuk merawat rambut panjang agar tetap sehat dan berkilau.

1. Potong Ujung Rambut

Rambut panjang cenderung memiliki ujung rambut kering, kasar dan rusak, yang akan membuat rambut mudah mengalami kerontokan.

Rambut bercabang sendiri muncul karena efek panas serta kerusakan penataan rambut, hingga menyebabkan rambut mudah patah dan rapuh.

Untuk menjaga agar rambut tetap kuat dan sehat, pastikan kamu rajin memotong ujung rambut yang bercabang ya!

2. Keramas dengan Air Dingin

Air dingin dianggap sebagai suhu ideal untuk mencuci rambut. Mencuci rambut dengan air dingin akan membantu menjaga rambut tetap lembap dan menjaga kulit kepala tetap terhidrasi.

3. Tak Keramas Setiap Hari

Keramas atau mencuci rambut setiap hari akan menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan membuat rambut menjadi kering. Minyak alami ini merupakan alasan utama rambut terhidrasi dan sehat.

Tapi jika secara terpaksa kamu harus keramas setiap hari, maka baiknya gunakan produk sampo alami yang cocok dengan jenis rambut. Lalu, jika akar rambutmu cenderung berminyak, coba sisir rambut setiap hari sebelum tidur.

Aktivitas itu akan membantu minyak untuk didistribuaikan ke setiap helai rambut dan membantu membuat rambut tetap lembap dan mencegah penumpukan minyak yang tak diinginkan.

4. Gunakan Gel Lidah Buaya

Gel aloe vera atau lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk rambut, seperti mempromosikan pertumbuhan rambut dengan cara merangsang aliran darah.

Setelah selesai keramas, oleskan gel lidah buaya pada rambut dan biarkan selama satu menit atau lebih kemudian bilas lagi.

Agar hasil lebih sempurna, oles pangkal rambut dengan cairan cuka apel dengan komposisi air 2:1. Selamat mencoba!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.