Menu

Apa Itu Kateter Urin yang Lagi Heboh Dilakukan Mahasiswi Keperawatan?

03 Juni 2022 14:00 WIB

Ilustrasi kateter urin pada pasien (Suara.com)

HerStory, Medan —

Belum lama ini viral video seorang mahasiswa keperawatan yang membuat konten soal kateter urine. Lalu apa yang dimaksud dengan kateter urine yang sedang ramai dibahas itu?

Kateter urine merupakan alat bantu berupa selang tipis yang terbuat dari karet dan plastik. Alat ini berguna untuk membantu pembuangan urine alias air kencing bagi pasien yang membutuhkan.

Gak hanya sebagai alat membantu buang air kecil, kateter juga digunakan untuk melaksanakan prosedur operasi. Biasanya kateter urine dipakaikan pada pasien yang gak dapat buang air sendiri, gak bisa mengontrol kencing, memiliki masalah kandung kemih, dirawat inap untuk operasi, hingga sedang dibius atau dalam keadaan koma.

Kateter urin juga dibutuhkan oleh pasien yang sedang tidak boleh bergerak karena cedera atau mengalami retensi urin. Pada sebagian kasus, pasien penyakit ginjal yang pengeluaran urinnya perlu dipantau juga memerlukan kateter urin.

Prosedur kateter urine dilakukan untuk mencegah penumpukan air kencing dalam ginjal. Jika kandung kemih gak dikosongkan, maka dapat menyebabkan kerusakan hingga gagalnya fungsi ginjal.

Jenis kateter urine

  1. Kateter plastik untuk pasien dengan penyakit yang tidak kronis. Alat ini dipakai sementara karena lebih mudah rusak dan tidak selentur bahan lainnya.

  2. Kateter lateks digunakan untuk pemakaian jangka waktu kurang dari 3 minggu.

  3. Kateter silikon murni untuk penggunaan selama 2-3 bulan karena bahannya lebih lentur dan cocok bagi saluran kencing (uretra).

  4. Kateter logam dengan pemakaian sementara, biasanya untuk mengosongkan kandung kemih pada ibu yang baru melahirkan.

Tergantung tujuan dan kebutuhan orang tersebut, pemasangan kateter dapat bersifat sementara atau permanen. Kateter urin yang dipasang secara permanen disebut juga sebagai permcath.

Kebanyakan pemakaian kateter diperlukan sampai pasien bisa kembali buang air kecil sendiri. Biasanya, ini untuk pemakaian singkat dan kondisi kesehatan yang tidak parah. Namun, orang tua yang telah lanjut usia dan mereka yang cedera permanen atau mengalami penyakit yang parah mungkin perlu menggunakan kateter urin untuk jumlah yang jauh lebih lama dan kadang-kadang menggunakannya secara permanen.

Kateter urin merupakan alat yang penting bagi pasien operasi dan penderita gangguan sistem perkemihan. Alat ini membantu mengeluarkan dan menampung urin hingga pasien bisa buang air kecil kembali dengan normal.

Perlu diketahui bahwa penggunaan kateter dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih. Jadi, pastikan untuk menjaga kebersihannya dan berkonsultasilah dengan dokter bila memiliki pertanyaan seputar pemakaian kateter urine.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan