Menu

Hempas Lemak Perut Seketika, Ini 7 Cara Ampuh Kecilkan Perut Buncit, Tertarik Coba?

06 Juni 2022 10:40 WIB

Ilustrasi perut buncit. (thefast800.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hidangan manis, berlemak, santan dan lain-lain memang sangat menggoda. Hasrat kadang tak bisa menahannya untuk memakan. Namun ternyata, apabila porsi yang kita makan terlalu banyak, berat badan bisa cepat naik bahkan perut menjadi buncit. Lalu, apakah ada cara mudah untuk mengecilkannya?

Salah satu penyebab perut buncit adalah lemak perut (lemak visceral). Orang yang mengalami perut buncit biasa akan mengalami penurunan rasa percaya diri, perut buncit menimbulkan rasa tak nyaman pada penampilan. 

Yuk simak apa saja tips yang bisa membantu kalian. Berikut tips untuk mengecilkan perut buncit:

1. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga merupakan salah satu cara untuk membuat perut rata. Karena orang yang malas berolahraga, lemak visceral akan menumpuk. 

Lakukanlah olahraga secara rutin setaknya 30 menit dalam sehari. Kalian bisa melakukannya dengan intensitas sedang seperti berjalan, jogging, atau sit-up.

Olahraga ini jika dilakukan secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan denyut jantung, membantu menjaga berat badan, dan membakar lemak tubuh.

2. Memperbanyak asupan protein dan serat

Untuk mengecilkan perut buncit, selain melakukan olahraga kalian juga bisa memperbanyak makan dengan kandungan protein dan serat.

Serat dapat membantu menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama, dengan ini kalian bisa mengurangi jumlah makan. Selain itu, serat juga menjaga fungsi sistem pencernaan yang dapat mengurangi perut kembung dan membuat perut mengecil.

Sedangkan protein untuk membantu memperbaiki jaringan otot dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian kecil dari Nutrition and Metabolism.

Hasil dari penelitian tersebut, orang yang mengonsumsi protein seperti susu, telur, dan daging memiliki kadar lemak perut yang lebih rendah.

3. Membatasi karbohidrat olahan

Selain meningkatkan asupan protein dan serat, kalian juga harus membatasi mengkonsumsi makanan olahan yang memiliki zat gizi karbohidrat.

Karbohidrat adalah sumber energi tubuh, akan tapi tak semua jenis karbohidrat baik untuk tubuh, contohnya terlalu banyak mengkonsumsi gula, karena hal ini dapat meningkatkan kadar lemak.

Karbohidrat yang baik untuk mengatasi perut buncit yaitu makan sumber karbohidrat kompleks yang sehat bagi tubuh, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

4. Mencoba latihan ketahanan (resistance training)

Tips mengecilkan perut buncit berikutnya adalah latihan ketahanan, hal ini yang paling populer di masyarakat. Jenis olahraga ini dipercaya cocok untuk orang yang menginginkan kalori ditubuhnya berkurang, namun tak ingin kehilangan massa otot.

Hal ini dikarenakan meningkatkan massa otot meski sedang istirahat, dapat membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori. Jenis latihan ketahanan yaitu angkat beban, squat, atau lunges.

5. Memenuhi kebutuhan cairan

Untuk mengecilkan perut buncit salah satu caranya bisa dengan memperbanyak mengkonsumsi cairan.

Mengkonsumsi cairan, seperti sup, jus, atau smoothies, saat sarapan dapat membantu mengecilkan perut. Hal ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan agar tak sembelit.

6. Mendapatkan tidur yang cukup

Tidur memiliki manfaat untuk kesehatan. Pasalnya tidur merupakan tips untuk mengecilkan perut buncit. 

Laporan dari penelitian yang dilakukan oleh Metabolism bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan. Hal ini dapat membuat kalian merasakan lebih lapar.

Tak hanya itu, para peneliti juga mencatat bahwa dengan meningkatkan durasi dan kualitas tidur dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini juga berlaku ketika ingin membakar lemak viseral di perut.

7. Meningkatkan asupan lemak sehat

Lemak terdiri dari dua jenis, yaitu lemak sehat dan lemak jahat. Dengan meningkatkan asupan lemak sehat, kalian berkontribusi terhadap keinginan untuk mengecilkan perut buncit.

Salah satu jenis lemak sehat yaitu asam lemak tak jenuh tunggal berbentuk cair pada suhu kamar. Hal yang dapat membantu kalian untuk mengatasi perut buncit, yaitu: minyak zaitun, buah alpukat, kacang-kacangan, minyak wijen, dan selai kacang tanpa gula tambahan.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan