Menu

Kadar Gula Darah Meroket Drastis? Kendalikan dengan 8 Herbal Ini Moms

06 Juni 2022 20:20 WIB

Tanaman lidah buaya. (Pixabay/Rosina-Sch)

HerStory, Jakarta —

Moms, memastikan kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil adalh hal yang sangat penting. Pasalnya, gula darah tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti diabetes.

Diabetes sendiri bisa menimbulkan berbagai risiko untuk kesehatan tubuh jika tidak segera diobati. Bahkan bisa meregang nyawa Moms. Untuk menghindari hal ini, ada beberap herball alami yang bisa Moms konsumsi, yakni:

1. Rosemary

Rosemary tak hanya membantu penurunan berat badan, tetapi juga menyeimbangkan kadar gula darah. Rosemary juga bertanggung jawab untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Ginseng

Sebagai bagian dari pengobatan oriental, herbal alami ginseng telah digunakan selama berabad-abad. Ginseng memiliki sifat meningkatkan kekebalan superlatif dan anti diabetes.

Ginseng mengurangi tingkat penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Ginseng juga mempercepat produksi insulin oleh pankreas.

3. Sage

Penelitian telah menunjukkan bahwa sage mengurangi kadar gula darah ke jumlah yang signifikan, apalagi jika dikonsumsi pada saat perut kosong. Menambahkan sage ke dalam diet meningkatkan sekresi insulin dan membantu mengelola diabetes dengan lebih baik. Paling baik dikonsumsi dalam bentuk teh.

4. Gymnemate Sylvestre atau Gurmar

Ramuan ini telah menjadi bagian dari pengobatan ayurveda untuk diabetes di India sejak dahulu kala. Ramuan ini juga membantu dalam pemanfaatan kelebihan glukosa dalam darah.

5. Oregano

Ramuan ini memiliki efek ganda pada gula darah tinggi. Oregano meningkatkan aktivitas di pankreas untuk membuat lebih banyak insulin dan mengurangi kadar gula darah dengan menghambat keinginan untuk mengonsumsi makanan manis.

Glukosa dalam sel dimobilisasi karena komponen spesifik yang ada dalam oregano. Selain meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, oregano juga mengurangi pembentukan karbohidrat dalam tubuh.

6. Lidah Buaya

Tanaman ini merupakan bagian penting dari pengobatan alternatif di India, Meksiko, Australia dan Amerika Selatan. Ini mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengobati gangguan pencernaan.

Peradangan dalam tubuh bertanggung jawab atas banyak penyakit gaya hidup kronis seperti diabetes.

7. Jahe

Jahe digunakan secara luas dalam masakan Tiongkok dan India. Ramuan aromatik ini telah digunakan untuk memerangi diabetes. Ini meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membantu meningkatkan sekresi insulin.

8. Fenugreek

Biji fenugreek dan ramuannya telah digunakan untuk mengobati masalah kulit dan pencernaan. Ramuan ini juga melawan gangguan metabolisme. Fenugreek membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah dan memerangi diabetes.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.