Menu

Tanpa Disadari, Kebiasaan Ini Bikin Berat Badan Naik, Waspada Obesitas Moms!

07 Juni 2022 13:13 WIB

Ilustrasi perut kendur setelah melahirkan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Tanpa disadari, kebiasaan makan yang buruk menjadi salah satu penyebab bertambahnya berat badan. Hal ini diungkapkan oleh Kathleen Zelman, MPH, RD, LD dari Weight Loss Clinic Dietitian.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengubah beberapa kebiasaan ini Moms. Kebiasaan apa saja yang bisa meningkatkan berat badan? Yuk Moms cari tahu!

1. Kurang tidur

Ketika kamu kurang tidur, hormon kortisol akan diproduksi, dan hormon ini bisa mengatur rasa ingin makan. Kamu pun akan merasa lapar ketika kurang tidur, walaupun sebenarnya dalam keadaan kenyang.

Kurang tidur juga meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh.

2. Kurang minum

Minum air putih yang cukup dapat membuat kamu terlihat muda dan sehat. Selain itu, sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik.

Menurut Molly Kimball, seorang penulis nutrisi di New Orleans, terkadang tubuh salah mengartikan rasa letih menjadi rasa lapar. Rasa letih ini dapat disebabkan oleh dehidrasi.

Peneliti Virginia Tech menemukan bahwa seorang yang menjalani diet minum delapan gelas dua kali lipat sehari sebelum waktu makan, membuat berat badannya turun sekitar 3 kg.

3. Belanja dalam keadaan lapar

Bukanlah kombinasi yang baik jika kamu pergi berbelanja dalam keadaan lapar. Kamu akan berakhir membeli dan memakan banyak makanan.

Ketika merasa lapar, otak akan menerima sinyal rasa ingin memakan sesuatu yang distimulasi oleh hormon ghrelin, sehingga mengirimkan sinyal untuk membeli apa saja yang kamu lihat.

Tipsnya adalah makan sesuatu sebelum pergi berbelanja. Paling tidak, kamu sudah mengisi perut.

4. Makan setelah makan malam

Masih menurut Kathleen Zelman, makan setelah makan malam adalah kebiasaan yang harus diubah. Apalagi jika kamu melibatkan makan makanan manis, seperti kue atau cokelat.

Sebaiknya kamu mengganti kebiasaan tersebut dengan teh hangat atau makanan dengan kalori rendah.

5. Makan apa pun yang ada

Hal ini sering kali tak disadari, ketika kamu bekerja atau berada di bandara, walaupun tidak dalam keadaan lapar, kamu memakan apa pun yang ada di meja kamu sebagai distraksi atau kegiatan saat menunggu di bandara.

Kadang makanan yang dikudap tersebut tak sehat, seperti gorengan, makanan kemasan, dan makanan manis. Tak hanya mengandung kalori tinggi, namun juga dapat menyebabkan kolesterol dan diabetes.