Menu

Jantung Berdebar saat Bangun Tidur? Hati-hati, 5 Penyakit Ini Mengintaimu!

08 Juni 2022 06:56 WIB

Ilustrasi nyeri dada bagian kanan. (Freepik/katemangostar)

HerStory, Jakarta —

Saat bangun tidur di pagi hari, seharusnya tubuh menjadi lebih fit dan bugar, sehingga semakin semangat untuk menjalani aktivitas seharian.

Namun, ada beberapa orang yang merasa jantungnya berdebar-debar saat bangun tidur. Ternyata, itu merupakan tanda adanya masalah kesehatan.

Melansir dari berbagai sumber (8/6/2022), berikut ini beberapa penyebab jantung berdebar saat bangun tidur. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Dehidrasi

Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab jantung berdebar saat bangun tidur. Dehidrasi ringan dapat memunculkan rasa haus, mulut kering, dan penurunan jumlah urine.

Jika kondisi semakin parah, maka jantung bisa berdetak cepat, pernapasan cepat, dan tekanan darah menjadi semakin rendah. 

Anemia

Penderita anemia enggak memiliki cukup sel darah merah untuk beredar di tubuhnya. Kondisi ini dapat menimbulkan sejumlah gejala, termasuk jantung berdebar saat bangun tidur.

Hipoglikemia

Kadar gula yang terlalu rendah atau hipoglikemia kerap dialami penderita diabetes. Kondisi ini dapat membuat penderitanya mengalami rasa cemas dan jantung berdebar saat bangun tidur. Hal tersebut memicu pelepasan epinefrin dalam tubuh.

Stres berat dan gangguan cemas

Peningkatan rasa cemas dan stres dapat memicu pelepasan hormon dalam darah yang meningkatkan denyut jantung seseorang.

Sleep apnea

Sleep apnea adalah kondisi saat seseorang berulang kali berheenti bernapas saat tidur. Jeda napas yang tiba-tiba ini akhirnya menurunkan kadar oksigen dan memberi tekanan ekstra pada jantung. Itulah yang membuat jantung berdebar saat bangun tidur.

Nah, itulah beberapa penyebab jantung berdebar-debar saat bangun tidur. Hati-hati, ya!

Artikel Pilihan