Menu

Bangun Tidur, Kenapa Sering Alami Migrain di Pagi Hari?

02 September 2020 08:30 WIB

Seorang wanita sedang sakit kepala. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering merasa sakit kepala saat bangun tidur? Banyak orang mengalami migrain, nyeri di kepala dan leher, saat pagi hari. Apakah itu hal normal atau malah menunjukkan masalah kesehatan?

Ternyata menurut the U.S. National Library of Medicine migrain di pagi hari adalah salah satu jenis penyakit yang paling umum dialami banyak orang. Migrain muncul saat bangun tidur karena kombinasi beberapa hal seperti gangguan tidur, masalah genetika, dehidrasi, obat-obatan, dan fluktuasi hormon.

Dr. Cara Pensabene M.D., direktur medis di EHE Health, juga mengatakatan bahwa migrain di pagi hari adalah hal yang normal. Biasanya migrain terjadi di antara jam 4 pagi hingga 9 pagi.

“Sebagian besar penderita migrain dapat mengalami serangan migrain antara jam 4 pagi dan 9 pagi,” ungkap Dr. Cara kepada Bustle.

"Sayangnya, hal ini (migrain) dapat sangat mempengaruhi tidurmu yang pada gilirannya meningkatkan risiko alami migrain dengan intensitas yang lebih sering," tambahnya.

Studi lain tentang pasien migrain, yang diterbitkan pada 2017 di Cephalalgia, menemukan bahwa migrain pagi dikaitkan dengan gangguan pada jam tubuh seseorang, atau kronotipe. Penelitian mengatakan bahwa jika mengalami migrain di pagi hari, kamu mungkin juga memiliki ritme sirkadian yang sedikit tak normal, sinyal alami yang menentukan kapan tidur dan bangun. Migrain juga menjadi lebih umum saat siklus tidurmu kacau.

"Perubahan pola tidur seperti jet lag atau terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur juga dapat menyebabkan migrain," kata Dr. Cara.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana