Menu

Pasangan Posesif dan Mudah Curiga? Begini Cara Atasinya, Nomer 1 Kuncinya!

10 Juni 2022 09:55 WIB

Ilustrasi wanita mencurigai pasangan sedang jajan prostitusi lewat media sosial. (theghanareport.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Memiliki pasangan yang sangat posesif dan terus curiga denganmu memang sangat tak menyenangkan. Hal ini akan membuat kamu merasa seperti dikerangkeng karena tak leluasa bergerak dan menjalani hidup. Namun, apakah ada cara untuk keluar dalam situasi seperti ini? Yuk simak bersama!

1. Jangan emosi

Biasakanlah ketika menghadapi permasalahan apa pun selalu jaga ketenangan. Jangan biarkan terbawa emosi, karena hasilnya pasti gak akan baik.

Kalau pasangan curiga, jangan langsung marah. Jelaskan saja kamu akan ke mana, dengan siapa. Ini untuk menunjukkan padanya kalau gak ada apa pun dalam dirimu yang harus dirahasiakan.

2. Diskusikan baik-baik

Kalau sikap pasangan sudah bikin kamu gak nyaman, cobalah diskusikan baik-baik. Tanyakan padanya kenapa dia gampang sekali curiga.

Boleh jadi perilakunya tersebut disebabkan perasaan rendah diri. Merasa gak pede, akhirnya dia jadi sangat takut kehilangan. Buntutnya, sikapnya jadi berlebihan dan gampang curiga.

Jelaskan pula kalau sikapnya tersebut bikin kamu lelah dan gak nyaman menjalani hubungan selama ini. Harapannya dengan sadar bahwa perilakunya tersebut bikin kamu gak betah, dia bisa mengendalikan rasa curiganya.

3. Jelaskan kalau sedang berkumpul bareng teman, kamu akan slow response

Jika dia terbiasa menelepon atau mengirim pesan ketika kamu sedang beraktivitas dengan yang lain, atau saat kumpul bareng teman, jelaskan sebelumnya kalau kamu gak bisa cepat menanggapi pesan. Atau gak bisa ditelepon. Hal itu untuk menghargai teman-temannya yang sudah meluangkan waktu berkumpul bersamanya.

4. Ajak pasangan

Di antara cara agar pasangan tak lagi curiga, adalah dengan mengenalkannya ke teman-temanmu. Termasuk ke orang yang ia cemburui. Dari situ, dia jadi tahu kalau hubunganmu dengan teman biasa-biasa aja, gak ada yang spesial.

5. Berikan ultimatum

Kalau cara baik-baik sudah kamu tempuh, tapi dia masih begitu juga, maka kamu harus bersikap tegas. Berikan ultimatum padanya jika dia masih saja gampang curiga, maka kamu gak bisa meneruskan hubungan. Karena hubungan tanpa adanya rasa saling percaya bakal gak sehat.

Itulah lima tips menyikapi pasangan yang mudah curiga. Pasangan yang mudah cemburu bisa bikin kamu selalu waswas. Coba atasi dengan cara halus dulu, ya, sebelum kamu bersikap tegas.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.