Menu

Astaga, Pasti Banyak yang Gak Tahu Deh! Ini Bahaya Tambahkan Air ke Botol Shampoo, Segera Hindari!

10 Juni 2022 10:30 WIB

ilustrasi wanita sedang keramas (freepik/torwaiphoto)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apa kamu pernah menambahkan air ke dalam botol shampoo kamu yang habis agar bisa dipakai lagi? Yups, memang sudah hampir setiap orang memakai cara ini ketika mandi. Banyak sekali alasan yang dipakai salah satunya adalah menghemat.

Namun, perlu diingat bahwa menambahkan atau mengisi wadah shampoo dengan air ternyata memiliki dampak negatif apabila kita melakukan hal yang demikian. Nah, ini 4 dampak negatif apabila menambahkan atau mengisi wadah shampoo dengan air yang dilansir dari laman Instagram @dollarshaveclub. 

Ini 4 dampak negatif menambahkan air ke kemasan shampoo.

1.Efisiensi Produk Berkurang

Mencampurkan air ke dalam wadah yang berisi shampoo akan membuat shampoo tersebut menjadi semakin encer. Hal tersebut akan membuat kandungan formula penting dalam shampoo akan berkurang. Akhirnya, tindakan tersebut juga akan mengurangi manfaat dari formula perawatan rambut maupun kulit dari shampoo tersebut. 

2.Merusak Bahan Pengawet Produk

Suatu produk diberikan bahan pengawet agar bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu salah satunya produk shampoo. Namun, saat kamu menambahkan air dalam kemasan shampo, air tersebut akan memecah kandungan bahan pengawet pabriknya. 

3.Berisiko Membiakkan Bakteri

Air yang dimasukkan ke dalam kemasan shampoo adalah bahan asing. Sehingga, pasti ada unsur asing pula yang akan ikut masuk ke dalamnya. Saat air tersebut dibiarkan bersama dengan kandungan shampoo dalam waktu yang lama, maka hal tersebut akan membuat bakteri berkembangbiak di dalam wadah shampoo tersebut. Hal tersebut tentu merugikan bagi kesehatan rambut maupun kulit kita. 

4.Mengurangi Kemampuan Daya Shampoo

Menambahkan air ke dalam wadah shampoo dapat menyebabkan kemampuan daya shampoo semakin berkurang. Hal ini karena kandungan bahan pengawet yang telah dicampur dengan air tersebut membuat zat pengawet dalam shampoo menjadi terurai sehingga menyebabkan kualitas shampoo tersebut berkurang. 

Nah, itu dia 4 dampak buruk yang akan terjadi apabila menambahkan atau memasukkan air ke dalam wadah shampoo. Gunakanlah produk sesuai dengan petunjuk penggunaan produk tersebut agar kamu dapat menerima manfaat lebih dari produk tersebut. 

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.