Menu

Moms Mesti Tahu! Ini 4 Tips Pilih Buah Segar di Pasar dengan Mudah! Salah Satunya dengan...

13 Juni 2022 08:55 WIB

Buah jambu biji. (Pexels/Any Lane)

HerStory, Jakarta —

Kamu sedang coba hidup sehat? Atau hanya suka makan buah? Apakah kamu sudah tahu cara memilih buah yang segar dan matang di pasar? Kalau belum, lebih baik kamu segera perhatikan cara-cara dibawah ini untuk membantu dan mumudahkanmu, yuk simak ulasannya!

Ini dia 4 tips memilih buah yang segar, kamu harus tahu!

1. Perhatikan warnanya

Pastikan kamu memilih buah yang memiliki warna yang cerah dan segar. Hal ini penting karena dengan warna yang cerah bisa mengindikasikan bahwa buah tersebut masih segar dan memiliki rasa yang lebih manis dan segar. Namun kamu juga harus waspada dan berhati-hati dalam membedakan warna buah, karena tak sedikit penjual buah nakal yang memberikan pewarna tambahan pada kulit buah agar terlihat lebih segar dan mencolok.

2. Perhatikan kulitnya

Perhatikan kulit buah, apakah kulit itu masih bagus atau sudah berkeriput dan kering. Misalnya saja jika kamu hendak membeli buah apel, maka pastikan kulit apel tampak segar dan mulus bebas dari kerutan dan kesan kering pada kulitnya. Jika berkeriput dan kering, itu artinya buah yang kamu pilih sudah layu dan sebaiknya tak kamu beli ya!

3. Perhatikan tekstur buah

Tekstur buah dapat terlihat secara langsung, tapi bisa juga dengan cara menyentuh atau memegangnya. Buah yang bagus kualitasnya pastinya tak akan bertekstur terlalu empuk ataupun terlalu keras. Misalnya ketika kamu memutuskan untuk membeli buah sawo, pilihlah tekstur sawo yang tak terlalu empuk dan tak terlalu keras. Jika terlalu empuk, bisa jadi sawo rentan busuk atau menuju busuk. Jika terlalu keras, bisa jadi sawo yang dijual belum matang dengan sempurna sehingga rasanya pun tak akan enak ketika dimakan. Jadi kamu perlu memperhatikannya dengan saksama agar kamu tak menyesal setelah membelinya!

4. Cium aroma buah

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan mencium bau atau aroma buahnya. Buah yang segar pastinya memiliki aroma yang lebih harum dan menggoda sedangkan buah yang sudah layu beraroma kurang harum. Misalnya saat kamu membeli jeruk, jeruk yang segar pastinya akan mengeluarkan bau yang harum, sebaliknya jeruk yang layu akan berbau kurang menyengat atau bahkan berbau tak sedap. 

Itu dia 4 tips memilih buah segar yang bisa membantumu ketika membeli buah segar. Semoga artikel ini bermanfaat ya! 

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.