Menu

Jari Terasa Kaku saat Bangun Tidur? Hati-hati, 3 Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

15 Juni 2022 06:30 WIB

Pijat tangan dan jari. (Pixabay/andreas160578)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang berharap tubuhnya kembali segar dan bugar setelah bangun tidur di pagi hari. Dengan begitu, maka kamu akan bersemangat menjelani aktivitas seharian.

Namun, rupanya ada beberapa orang yang bangun tidur di pagi hari dengan keadaan jari yang terasa kaku. Kondisi tersebut tentu enggak nyaman. Kira-kira apa penyebabnya, ya?

Melansir dari berbagai sumber (14/6/2022), berikut ini beberapa penyakit yang bisa menyebabkan jari terasa kaku saat bangun tidur. Yuk, simak baik-baik, ya!

Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah peradangan kronis di sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. Biasanya ini terrjadi karena kurangnya gerakan saat tidur, sehingga persendian berisiko mengencang.

Selain bisa menyebabkan jari terasa kaku saat bangun tidur, osteoarthritis juga menyebabkan keluhan, seperti sendi terasa sakit dan bengkak.

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan peradangan jangka panjang pada sendi akibat sistem kekebalan tubuh yang secara keliru menyerang tubuh.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya peradangan di beberapa bagian tubuh, sehingga jari atau bagian tubuh lain bisa kaku selama berjam-jam ketika bangun tidur.

Tenosinovitis

Tenosinovitis adalah sebuah penyakit pada tendon berupa peradangan pada selubung yang melapisi tendon. Biasanya kondisi ini berdampak pada jari manis dan ibu jari. Namun, enggak menutup kemungkinan jari lainnya bisa mengalaminya.

Nah, itulah beberapa penyebab jari terasa kaku saat bangun tidur. Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita