Menu

Berkaca pada Fairuz A Rafiq, Begini 5 Tips Ampuh Pulihkan Diri Setelah Keguguran

04 September 2020 20:15 WIB

Fairuz A Rafiq, Sony, dan kedua anaknya (Instagram/fairuzarafiq)

HerStory, Jakarta —

Kabar duka kini tengah menyelimuti pasangan artis Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian. Fairuz dikabarkan mengalami keguguran di kehamilan anak ketiganya. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Sonny lewat cuplikan video di laman Instagram pribadinya.

Beauty, ibu mana yang tak bersedih bila kehilangan buah hati? Keguguran menjadi hal yang paling enggak diinginkan untuk terjadi oleh setiap calon ibu.

Ketika seorang ibu mengalami keguguran, mungkin fisiknya dapat sembuh dengan cepat. Tapi, kalau menyangkut soal emosional belum tentu dapat pulih dengan cepat pula. Meski belum terlahir, ikatan batin antara ibu dan bayi sudah terjalin sejak dalam kandungan.

Tapi Beauty, walau terasa sulit untuk melepasnya, jangan biarkan kamu larut dalam kesedihan. Hal ini bisa membuatmu mengalami depresi hingga bahkan trauma memiliki anak lagi.

Di samping dampak emosional yang dirasakan, tubuh juga mengalami perubahan akibat keguguran. Mengalami pendarahan atau kram perut, misalnya.

Berikut ini HerStory rangkum lima hal yang bisa kamu lakukan untuk pulihkan diri (baik secara fisik maupun emosional) usai mengalami keguguran, seperti dikutip dari berbagai sumber (4/9/2020).

Menghindari infeksi

Seteah mengalami keguguran, hindari segala risiko infeksi pada area kewanitaan. Kamu harus menjaga kebersihan dan kesehatan area Miss V. Jangan menggunakan sabun kewanitaan berbahan kimia yang bisa saja mengiritasi organ intim.

Hindari pula penggunaan tampon sampai siklus menstruasi atau pendarahan tersebut sudah berangsur normal. Usahakan pula menjaga area kewanitaan tetap kering setelahnya.

Olahraga dan menjaga pola makan sehat

Kalau dokter enggak menyarankan untuk bed rest kamu bisa melakukan olahraga ringan. Hal ini bisa membantu tubuh cepat pulih dan membuat suasana hati serta pikiran menjadi lebih segar dan bahagia.

Enggak cuma itu, kamu juga harus menjaga asupan makanan. Kamu butuh asupan nutrisi yang cukup supaya pulih lebih cepat usai keguguran. Pastikan kebutuhan serat, zat besi, mineral, serta kalsium terpenuhi ya, Beauty. 

Biar hormon makin seimbang, kamu juga bisa mengosumsi makanan yang mengandung lemak baik, seperti alpukat dan kacang-kacangan.

Jangan berhubungan seks dulu

Jangan melakukan hubungan seks dulu sebelum benar-benar pulih. Biasanya, pendarahan yang terjadi akan berhenti dua minggu setelahnya. Kamu bisa bercinta setelahnya, asalkan sudah pulih secara fisik maupun mental.

Sekadar Beauty tahu, kalau kamu ingin mencoba hamil lagi, sebagiknya tunggu sampai melewati satu sampai tiga siklus menstruasi. Kamu juga bisa mengkonsultasikan hal ini kepada dokter.

Jangan menyalahkan diri atau orang lain

Beauty, saat mengalami keguguran, cobalah untuk berhenti menyalahkan diri atau orang lain, seperti dokter, bidan, atau bahkan suamimu. Menyalahkan diri hanya akan membuang-buang waktu dan membuatmu lebih depresi.

Beauty, cobalah berdamai dengan keadaan. Tetap berpikiran positif dan ambil hikmah dari setiap kejadian yang kamu alami. Percayalah, ada pelangi setelah hujan, ada kado terindah yang telah disiapkan oleh Tuhan.

Enggak usah dengarkan apa kata orang

Enggak perlu mendengarkan komentar orang lain yang enggak berkenan di hati. Mungkin, maksud mereka ingin menghiburmu, tapi ucapannya justru membuatmu sakit hati dan kembali bersedih dan merasa bersalah.

Kalau ada orang di sekitarmu enggak sengaja menyinggung soal keguguran yang kamu alami, abaikan saja dan tanggapi secara positif. Dengan begitu, kamu bisa kembali pulih secara emosional lebih cepat.

Semoga bermanfaat!