Menu

Jadi Supir Truk Sekaligus YouTuber, Begini Kisah Devi Nuraisyah Stephani…

05 September 2020 10:47 WIB

Devi Nuraisyah Stephani. (Kompas.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti sudah biasa melihat supir truk itu biasanya dilakukan oleh laki-laki, bukan? Ternyata ada, lho, seorang wanita asal Indonesia yang beprofesi sebagai supir truk jarak jauh. Pekerjaan ini tentunya mengharuskan dirinya untuk menyetir selama berhari-hari.

Tetapi, hal tersebut enggak membuat Devi Nuraisyah Stephani (29) menghalangi dirinya untuk menjadi seorang supir truk dengan ukuran yang besar.

“Dulu itu aku karyawan, kerja di pabrik-pabrik gitu,” tutur Devi.

Namun, ternyata bekerja di pabrik enggak sesuai dengan keinginan Devi dan mulai membuat dirinya bosan karna pekerjaan yang monoton. Devi yang sedari dulu senang memperhatikan kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk sering menyebut dirinya sendiri sebagai anggota dari busmania.

Beberapa kali, Devi mengikuti kegiatan jalan-jalan serta agenda keluar kota bersama dengan teman-teman busmania lainnya. Hal ini yang akhirnya membuat Devi semakin menyukai kendaraan-kendaraan besar dan tertarik untuk mengendarai sebuah truk.

Ketika pertama kali belajar, dirinya hanya duduk di sisi kiri supir dan memperhatikan cara membawa truk dari Jakarta hingga Jawa Tengah dan berlanjut ke Jawa Timur, setelah merasa sudah cukup memahami dirinya memberanikan diri untuk mencoba mengendarai sendiri truk tersebut.

“Aku pertama turun ke jalan itu langsung bawa truk, enggak mobil biasa, belum mobil biasa. Kesempatan itu dulu waktu tol Jawa Timur masih baru-barunya, masih sepi. Nah, itu baru melancarkan bawa truk itu di situ,” jelas Devi.

Devi mengatakan bahwa dirinya membutuhkan waktu satu tahun untuk benar-benar bisa membawa truk dengan lancar. Ketika dia merasa sudah cukup mahir, dirinya memutuskan untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM), dimulai dari SIM A, SIM B1, dan terakhir SIM B1 Umum.

“Nah, kalau SIM-nya itu SIM A dulu, setahun baru SIM B1, setahun habis itu baru bisa umum,” ujar Devi.

Setelah dirinya sudah memiliki SIM tersebut, dirinya baru bekerja sebagai supir truk.

Namun, dibalik kisahnya yang menjadi supir truk ada kisah yang mengharukan antara Devi dan juga keluarganya. Orang tua Devi mengatakan bahwa mereka enggak setuju dengan keputusannya yang inign menjadi seorang supir truk.

Hal ini dikarenakan, dunia supir truk didominasi oleh para laki-laki dan Devi merupakan satu-satunya wanita yang ada di sana, tentu hal ini yang membuat orang tuanya merasa khawatir.

“Awal pasti takut, takut aku kenapa-kenapa di jalan, takut ini itu,” ujar Devi.

Meski orang tua enggak merestui keinginannya tersebut, Devi tetap berpegang teguh dengan keinginannya tersebut, karena dirinya merasa bahwa ada peluang di sana untuk menjadikan dirinya sebagai YouTuber sekaligus berjalan-jalan.

Dengan modal keberanian namun tetap dengan perhitungan, Devi terus melangkah maju dan mengikuti impiannya tersebut yang akhirnya mampu terbayarkan dengan restu dari orang tua dan juga keluarganya.

Selain mendapat uang sebagai sopir truk, dia juga mengisi pundi-pundinya dengan pendapatan sebagai YouTuber. Dia mempunyai akun YouTube, yaitu Driver Shadow 17. Di YouTube, Devi kini bak selebritas di kalangan sopir truk dan pencinta mobil-mobil besar.

 Akunnya sudah memiliki lebih dari 193.000 subscribers. Jumlah penonton di setiap videonya pun luar biasa, dari puluhan ribu hingga jutaan penonton.

"Alhamdulillah YouTube-nya responsnya bagus. Sekarang udah lumayanlah, penghasilan lumayan sekarang malah di-support sama keluarga," ujar Devi.