Menu

Jangan Panik, Ini 3 Tips Atasi Asam Lambung Naik di Pagi Hari, Catat!

16 Juni 2022 06:48 WIB

Ilustrasi sakit Maag atau asam lambung (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Penyakit asam lambung adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini tentu bisa dialami oleh dewasa dan anak-anak.

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada, yang bisa memburuk setelah makan atau saat berbaring.

Gejala ini bisa disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lain, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, sesak napas, dan mulut terasa asam.

Jika seseorang mengalami asam lambung naik di pagi hari, hal tersebut dikarenakan kurangnya pelumas di bagian pencernaan. Itu bisa membuat asam menjadi naik ke kerongkongan karena kurangnya air liur.

Melansir dari berbagai sumber (16/6/2022), berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala asam lambung naik di pagi hari. Yuk, simak baik-baik, ya!

Meninggikan kepala saat tidur

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidur dengan kepala sedikit ditinggikan efektif untuk mengurangi asam lambung di pagi hari.

Ketika kamu tidur dengan meninggikan kepala, maka hal tersebut bisa mencegah asam lambung naik ke kerongkongan di pagi hari.

Makan malam dengaan porsi yang lebih sedikit

Porsi makan malam juga perlu diperhatikan karena bisa berpengaruh pada asam lambung di pagi hari. Waktu makan malam juga perlu diperhatikan.

Waktu makan malam yang tepat dilakukan tiga jam sebelum tidur. Hal tersebut dapat memberikan waktu pada lambung untuk mencerna makanan.

Minum air lemon saat bangun tidur

Minum air lemon saat bangun tidur sangat penting untuk membantu menghidrasi tubuh. Hal ini dikarenakan tenggorokan yang kering dapat membuat refluks asam semakin parah.

Air lemon mampu membantu peradangan secara alami dan mengaktifkan sistem pencernaan setelah tidur. Minum air lemon membantu mengurangi gejala refluks.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat asam lambung naik di pagi hari. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan