Menu

Tergiur Buat Coba Suplemen? Eits… Mending Coba Dulu Makanan yang Kaya Kolagen Berikut, Aman dan Sehat Deh!

22 Juni 2022 14:20 WIB

ilustasi kaldu tulang sapi (Intagram/@astriayuliana)

HerStory, Medan —

Belakangan ini banyak beredar suplemen, baik pil hingga minuman, yang mengandung kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu protein utama tubuh yang mampu memberi banyak manfaat kesehatan.

Kolagen tipe I dan III membentuk 90 persen rambut, kulit, dan kuku. Tanpa asupan buatan dari luar seperti suplemen, tubuh memiliki kemampuan untuk membuat protein ini, lho.

Untuk membantu proses produksi kolagen, kamu dapat mengonsumsi makanan yang menjadi sumber kolagen. Dengan begitu, produksi kolagen tubuh akan meningkat sehingga manfaat kesehatannya juga terasa lebih maksimal.

Nah, kira-kira makanan apa aja yang kaya kandungan kolagen? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah Herstory rangkum berikut ini, Beauty!

Daging Sapi, Unggas, Telur, dan Ikan

Karena kolagen ada di kulit, tulang, tendon, dan ligamen daging (sapi, unggas, ikan), maka kamu bisa memasukkan menu daging dari hewan tersebut ke dalam menu makananmu. Namun, banyak orang yang mungkin tidak menikmati makan bagian hewan tertentu (otak, tendon, ligamen, kaki ayam, kulit udang) tersebut. 

Selain itu, kamu mungkin khawatir tentang lemak di kulit unggas, misalnya. Namun para ahli mengatakan bahwa sebagian besar lemak (62%) pada kulit ayam adalah lemak tak jenuh yang lebih sehat. 

Kaldu tulang

Kaldu tulang berada di puncak daftar sumber makanan yang mengandung kolagen dalam jumlah tinggi. Kamu bisa membeli kaldu tulang di toko bahan makanan atau membuatnya sendiri. Untuk membuat kaldu tulang di rumah, cukup masak daging sapi, unggas, atau tulang ikan dalam air.  

Selain itu, kamu dapat menambahkan sayuran (seperti bawang, wortel, dan seledri) serta rempah-rempah (seperti rosemary dan thyme) untuk menambah nutrisi dan rasa. Kamu bisa mengikuti  resep kaldu tulang sederhana ini jika ingin mencoba membuatnya sendiri.

Sumber Kolagen Selain dari Makanan Hewani

Jika dilihat dari penjelasan di atas, sumber kolagen ini berasal dari makanan hewani. Lantas, bagaimana cara orang mendapatkan asupan kolagen tambahan jika tidak menyukai daging sapi, unggas, atau ikan? Apakah ada sumber kolagen vegetarian atau nabati?

Sumber kolagen vegetarian sejauh ini tidak ada, karena kolagen ditemukan pada hewan. Namun, kamu bisa mengonsumsi makanan yang dibutuhkan untuk produksi kolagen dalam tubuh, seperti makanan tinggi vitamin C, tembaga, dan seng.

Pastikan untuk makan berbagai makanan sehat yang kaya protein serta vitamin dan mineral untuk memungkinkan nutrisi tersedia bagi tubuh, yang mana ini berguna sebagai bahan pembangun kolagen.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan