Menu

Tangis Citra Kirana Lihat Baby Athar Dirawat di Rumah Sakit dan Masuk Inkubator, Ternyata Gara-Gara Ini!

09 September 2020 20:15 WIB

Citra Kirana, Rezky Adhitya, dan Althar (Instagram/thereal_rezkyadhitya)

HerStory, Jakarta —

Belum lama pulang usai melahirkan, Citra Kirana dan Rezky Aditya harus memboyong kembali sang putra ke rumah sakit. Keene Atharrazka Adhitya, atau akrab dengan sapaan Athar, harus dirawat di rumah sakit untuk diopname selama dua hari.

Citra dan Rezky menceritakan hal tersebut lewat kanal YouTube miliknya, beberapa waktu lalu. Athar terpaksa dilarikan ke rumah sakit lantaran bilirubinnya tinggi.

"Jadi sebenernya, di vlog terakhir itu kan memang waktu aku checkup ke dokter, Athar itu bilirubinnya tinggi, 15. Normalnya kan di umur Athar yang seminggu itu harusnya 13," ujar wanita yang akrab disapa Ciki ini, seperti dikutip, Rabu (9/9/2020).

Ciki mengaku, di usia Athar ke-tiga hari, bilirubinnya masih normal. Namun, setelah di bawa pulang ke rumah, Athar mengalami bilrubin tinggi. Sontak sebagai orang tua baru, hal ini membuat Ciki merasa panik dan mengikuti saran dokter agar Athar dirawat di rumah sakit. 

"Waktu pertama tuh bilirubinnya itu masih normal, masih 9,7 dari normalnya 10 di usia Althar yang masih tiga hari. Tapi, setelah dibawa pulang ke rumah, bilirubinnya itu naik, itu sih yang bikin panik," tuturnya.

Dokter pun menyarankan agar Athar menjalani perawatan dengan sinar biru selama dua hari. Dalam video tersebut, Rezky mengaku kalau Ciki menangis saat melihat Altar masuk ke dalam inkubator. 

"Akhirnya kita sepakatin untuk di opname dua hari, ikutin saran dari dokter. Pas sampe rumah sakit, Althar langsung dimasukin ke inkubator. Pas dimasukin ke dalam inkubator, mamahnya udah mulai menangis," sambung Rezky.

Pesinetron Tukang Bubur Naik Haji ini menangis lantaran sedih melihat kondisi sang buah hati. Belum lgi, ia tak bisa melihat mata Althar lantaran harus ditutup dan tak bisa menggendongnya secara langsung saat memberikan ASI.

"Kenapa aku nangis? Karena pas di inkubator itu kan, matanya ditutup, sedih banget kayak enggak bisa lihat. Terus kalau misalnya mau enen tuh aku pumping aja jadi aku harus stock ASI nya nanti dikasihin lewat botol. Jadi enggak bisa aku peluk itu aku sedih banget kan gitu," aku Ciki.

Kesal lihat sikap Rezky

Citra Kirana juga mengaku kesal melihat sikap Rezky yang ia akui terlihat santai. Bahkan, Ciki menganggapnya enggak peduli dengan kondisi Althar.

"Akhirnya dia marah sama aku karena 'kamu tuh kenapa sih enggak ada pedulinya banget'," kata Rezky

Rezky kedapatan beberapa kali tertidur, saat Ciki merasa panik melihat kondisi Althar di dalam inkubator. Hal itulah yang membuat Ciki merasa kesal dan marah dengan Rezky.

"Kamu tuh tidak bisa membesarkan hati aku, ngerti enggak? Ini mah cuma diem aja, ngelihatin, udah gitu tidur, kan kesel," uajar Ciki.

Ciki pun melanjutkan ceritanya, ia mengaku begitu sedih melihat putranya itu dirawat dan harus masuk ke dalam inkubator. Ciki begitu merasa sedih, hal inilah yang membuat Athar merasa gelisah. Sampai akhirnya, ia harus menggendong Athar sambil disinari dengan sinar biru.

"Aku tuh nangisnya bener-bener air matanya kayak keluar sendiri aja gitu. Bener-bener nangis, terus Altharnya itu dia juga kayak gelisah gitu lho. Itu tuh kayaknya ikatan batin anatara ibu dan anak. Akhirnya, semaleman itu dia enggak mau di inkubator karena nagis terus. Akhirnya, aku gendong semaleman di sinarnya barengan sama aku, jadi aku pake kacamata juga," cerita Ciki.

Demi menjaga buah hati, Ciki rela enggak tidur semalaman dan membuat matanya menjadi bengkak. Untungnya, di hari kedua Athar begitu tenang. Dari sinilah Ciki menyadari kalau ia seharusnya lebih tenang sejak awal, agar buah hatinya enggak ikut gelisah.

"Alhamdulillah, hari keduanya pokoknya Athar tenang banget karena akunya juga udah lebih tenang. Pas hari kedua, Athar di inkubatornya itu lumayan lama banget dari malam sampe subuh tuh dia tenang banget, terus kita juga tidur enak, terus Athar bangun juga cuma pas subuh aja pas mau enen, pokoknya enggak ada masalah. Dari situ aku menadari kalau aku emnag harus tenang," katanya.

Boleh pulang

Dokter menyarankan Athar untuk diopname selama dua hari, hal inilah yang membuat Ciki kembali panik lantaran takut dengan hasil cek bilirubin Athar. Pasalnya, kalau biliribunnya lebih dari 13, Athar harus menjalani rawat inap kembali.

"Di hari ketiga, kita udah janji mau cek, kalau di bawah 13 boleh pulang, kalo enggak, sehari lagi. Pas dokternya dateng terus bilang Athar udah engga kuning, udah oke. Pas cek, alhamdulillah ternyata 11 bilirubinnya, jadi yaudah deh kita bisa pulang," imbuh Ciki.

Kesabaran Ciki membuahkan hasil, ia dan Athar bisa kembali ke rumah dan menghabiskan waktu bersama. Di vlog terbarunya, Ciki juga memperlihatkan kondisi Athar yang kunjung membaik setelah di bawa pulang ke rumah. 

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha