Menu

Deretan Fakta Mengenai Cedera Metatarsal yang Dialami oleh Luna Maya!

10 September 2020 13:20 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang memegang kaki. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Cedera tulang metatarsal bisa saja terjadi karena salah satu tulang panjang kaki yang berada di bagian punggung kaki mengalami keretakan atau bahkan patah. Ketika tulang metatarsal retak, retakannya tersebut bisa berupa satu atau beberapa garis halus.

Di setiap kaki kita, jumlah tulang ini adalah lima yang merupakan tulang untuk menghubungkan kaki dengan jari kaki. Tulang ini memiliki fungsi untuk menopan beban sekaligus menjaga keseibangan tubuh ketika berdiri ataupun berjalan.

Pada umumnya, penyebab dari masalah kesehatan ini antara lain benturan atau pukulan keras di area kaki. Selain itu, penyebab lain seperti terpelintir atau penggunaan kaki yang berlebih juga bisa menjadi pemicu terjadinya masalah ini. Jadi, enggak heran jika tulang metatarsal seringkali terjadi pada orang-orang yang senang berolahraga.

Selain bisa terjadi ketika berolahraga, cedera ini bisa ditemukan pada kegiatan menari. Kebanyakan kasusnya dialami oleh para penari balet karena mempraktekan gerakkan melompat yang memaksa kaki untuk mendaratkan diri di lantai sehingga bisa jadi terpelintir.

Gejala cedera ini dapat dibedakan sesuai dengan kondisi cedera yang dialami. Misalnya, pada tulang yang patah gejalanya meliputi:

  • Terdengar suara patah
  • Nyeri dapat muncul dan kembali
  • Tampilan jari kaki bengkok atau tidak normal
  • Memar dan bengkak keesokan harinya

Sedangkan pada gejala tulang metatarsal yang mengalami retakan, gejalanya meliputi:

  • Nyeri  saat melakukan aktivitas normal
  • Nyeri dapat muncul dan hilang dengan sendirinya
  • Bengkak tapi tidak disertai memar

Jika kamu mengalami cedera ini maka pengobatan yang harus kamu lakukan harus dilihat dari seberapa parahnya cedera yang kamu alami. Namun, pada umumnya jika seseorang mengalami cedera ini mereka harus menjalani operasi atau terapi. Kemudian, orang yang mengalami cedera ini diharuskan untuk banyak beristirahat dan membatasi pergerakan kaki yang baru patah.

Pengobatan untuk cedera ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Umumnya membutuhkan waktu tiga hingga enam minggu sampai kaki benar-benar sembuh total.

Hati-hati ya Beauty dalam beraktifitas, agar kesehatan tubuh bisa terus terjaga dan tetap bisa menjalankan aktifitas sehari-hari!