Menu

Miss V Berdarah Setelah Hubungan Seks? Ini 6 Alasan yang Mendasari, Catat Moms!

24 Juni 2022 12:05 WIB

Illustrasi Vagina Berdarah Usai Berhubungan Seks (Sumber/Refinery29.com)

HerStory, Jakarta —

Mengalami vagina berdarah setelah melakukan hubungan seksual sebenarnya bukanlah sesuatu yang jarang terjadi. Ada banyak alasan mengapa wanita mengeluarkan darah setelah melakukan seks untuk pertama kalinya.

Dilansir dari - Suara.com, menurut Assistant Professor di Division of Gynecologic Specialty Surgery, Columbia University Medical Center - Constance Young, MD. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan kecuali, sangat sering terjadi.

"Anda harus waspada jika anda mengalami pendarahan setiap setelah berhubungan intim dan pendarahan lebih berat dari waktu ke waktu," tutur Constance Young, MD, Assistant Professor di Division of Gynecologic Specialty Surgery, Columbia University Medical Center.

Baca Juga: Uwow... Intip 8 Bentuk Penis Pria, dari yang Enak Hingga Sakit saat Masuk, Punya Suamimu yang Mana Nih?

Constance Young mengatakan, vagina berdarah yang lebih berat bisa jadi merupakan tanda keadaan medis yang serius termasuk kanker serviks atau STI.

Untuk memberikan masukan, berikut 6 alasan mengapa vagina berdarah setelah melakukan hubungan intim seperti yang dikutip dari Suara.com.

1. Seks yang 'Lebih dari Biasanya'

Hal yang paling sering terjadi akibat pendarahan setelah berhubungan seks adalah karena ada gesekan atau abrasi pada dinding vagina. Jika sudah begitu, vagina dapat berdarah.

2. Infeksi Vagina

"Infeksi ragi, bakteri vaginosis dan infeksi lainnya dapat menyebabkan "servisitis," istilah keren untuk peradangan pada leher rahim", kata Raquel Dardik, MD, profesor klinis, Departemen Obstetri dan Ginekologi di NYU Langone Medical Center.

Meskipun itu bukan kondisi medis yang mengerikan, tetapi sangat disarankan untuk jeda dan beristirahat dari seks sampai sembuh.

3. Dalam Masa Haid

Saat haid, Miss V perempuan tentu saja mengeluarkan darah. Maka apabila hal tersebut terjadi saat hendak atau baru saja memasuki masa haid, sangat mungkin itu adalah darah haid.

Baca Juga: 3 Cara Atasi Bau Tak Sedap Pada Miss V saat Menstruasi, Simak Beauty!

Tetapi Dr Dardik juga menyarankan agar kita tetap memeriksakan ke dokter dan tak terlalu cepat menyimpulkan bahwa itu hanya darah haid.

4. Butuh Pelumas

Dr. Young mengatakan, gesekan dari kondom yang tak dilumasi dapat menyebabkan perdarahan. "Anda mungkin ingin mempertimbangkan pelumas," jawab Dr. Constance Young.

5. Bergesekan dengan IUD

Jika menggunakan alat kontrasepsi yang berbentuk T atau yang biasa disebut IUD, aktifitas seks bisa jadi mengganggu leher rahim dan menyebabkan pendarahan.

6. Kemungkinan Hal yang Lebih Serius

Alasan besar lain besar mengapa harus bertanya kepada dokter saat pendarahan setiap kali melakukan seks adalah hal ini merupakan tanda kanker serviks. Perdarahan bisa menjadi tanda bahwa ada sel-sel abnormal pada leher rahim, atau bahwa ada luka di dalam vagina dari IMS.

"Tanpa evaluasi menyeluruh, seseorang tak bisa mengatakan darah berasal dari mana atau apa penyebabnya. Tanya dokter Anda," tutup Dr. Dardik.

Baca Juga: 2 Gaya Seks Ini Tokcer Bikin Pasangan Puas di Ranjang, Dokter Boyke: Bergetar

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.