Menu

3 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kulit Alami Penuaan Dini, Segera Hindari Kalau Mau Awet Muda!

28 Juni 2022 10:10 WIB

Ilustrasi penuaan (teleradioamerica.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan tetap ingin tampil awet muda. Namun, ada beberapa faktor yang membuat kulit menua sebelum waktunya.

Seperti beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat kulit mengalami penuaan dini. Masih banyak juga orang yang enggak menyadari kebiasaan ini berdampak buruk bagi kulit.

Melansir dari berbagai sumber (28/6/2022), berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan penuaan dini. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Enggak menggunakan sunscreen

Kebiasaan enggak menggunakan sunscreen bisa menjadi penyebab terjadinya penuaan dini. Pengaplikasian sunscreen sangat penting bagi kulit untuk melinduungi dari bahaya sinar UV.

Malas menggunakan sunscreen bisa membuat kulit mengalami penuaan dini seperti kulit keriput, kulit kusam, flek hitam, dan risiko terkena kanker kulit.

Terlalu sering begadang

Kebiasaan begadang bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Hal ini terjadi karena kurang tidur dapat mengganggu proses regenerasi sel, sehingga wajah lebih kusam dan cepat tua.

Orang-orang dengan durasi tidur 7-9 jam mempunyai kulit yang lebih awet muda dan bangun dengan badan yang lebih segar.

Stres

Stres merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Stres dapat membuat wajahmu cepat tua dan tampak kusam. Otak akan melepaaskan hormon kortisol secara otomatis jika kita merasa stres.

Nah, hormon inilah yang akan melemahkan kolagen kulit, sehingga kulit akan lebih cepat menua. 

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat kulit mengalami penuaan dini. Semoga bermanfaat!