Menu

Keramas dengan Air Dingin atau Hangat? Lebih Baik yang Mana, Ya?

11 September 2020 17:35 WIB

Ilustrasi orang keramas

HerStory, Tangerang —

Saat keramas mungkin kamu tidak terlalu peduli menggunakan air hangat atau air dingin. Efek yang diberikan sama saja dan tidak ada yang berbeda.

Nyatanya, suhu air yang berbeda sangat mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambut kamu, lho! Tapi, lebih bagus yang mana, ya?

Keramas dengan air dingin

Di Indonesia sendiri yang memiliki cuaca panas sangat menyegarkan keramas dengan air dingin. Manfaat lain yang dari keramas menggunakan air dingin ternyata dapat memperbaiki suasana hati. Jika kamu sedang dalam suasana hati yang buruk, cobalah keramas menggunakan air dingin. Siapa tahu, suasana hati kamu akan lebih menjadi baik!

Selain itu juga, keramas menggunakan air dingin dapat mengurangi rambut rontok, lho! Suhu air yang dingin akan memperlancar aliran darah di kulit kepala. Hal ini membuat akar rambut lebih mendapatkan nutrisi sehingga rambut juga menjadi lebih halus dan mudah diatur.

Akan tetapi, ternyata air dingin juga memiliki efek negatif. Untuk kamu yang memiliki kulit kepala berminyak, keramas menggunakan air dingin akan membuat kulit kepalamu menjadi lebih berminyak dan rambut lebih mudah lepek.

Keramas dengan air hangat

Keramas menggunakan air hangat tentu juga memiliki manfaat bagi rambutmu. Rambut kamu akan menjadi lebih bersih jika keramas menggunakan air hangat. Air hangat ini ternyata dapat membuka kutikula rambut dan mengangkat sel kulit mati, kotoran serta ketombe yang ada di kulit kepala. 

Jika kamu keramas menggunakan air hangat, kulit kepala akan terasa lebih lembab sehingga nutrisi yang ada dalam shampoo dan conditioner akan lebih mudah menyerap di kulit kepala.

Namun, perlu diperhatikan juga suhu air yang kamu gunakan, ya! Jika terlalu panas, akan membuat kulit kepada menjadi lebih kering dan sensitif. Selain itu juga, keramas menggunakan air hangat berisiko mengangkat minyak alami yang ada pada rambutmu.

 Nah, setelah mengetahui manfaat dan kekurangan yang ada saat keramas menggunakan air hangat dan air dingin. seorang paakr teknik kimia dan kecantikan dari Standford Unversity di Amerika Serikat, Erica Douglas, lebih menyarankan untuk keramas menggunakan suhu yang berbeda-beda. Bisa dilakukan dengan basahi rambut terlebih dahulu menggunakan air hangat lalu bilas menggunakan air dingin. Langkah ini lebih efektif untuk kulit kepala dan rambut menjadi lebih sehat. Boleh dicoba, ya, Beauty!