Menu

Wajib Tahu! 11 Minuman Kesehatan Ini Asli Buatan Indonesia Lho, Sudah Pernah Coba?

15 September 2020 10:44 WIB

Ilustrasi minuman herbal (Unsplash/Matthew Henry)

HerStory, Jakarta —

PSBB kembali diperketat di wilayah DKI Jakarta. Dengan begitu, beberapa sektor usaha pun kembali di tutup. Untuk kembali menggerakan sektor usaha di masa PSBB, penting untuk membeli barang-barang lokal buatan Indonesia. Salah satunya adalah produk-produk minuman kesehatan.

Indonesia memiliki beragam rempah. Hal itu pula yang mendorong beberapa pelaku usaha untuk mengemas rempah-rempat tersebut jadi minuman kesehatan. Tak kalah dengan produk buatan luar negeri, dilansir dari laman sindikasi ProSehat (15/9/2020) berikut ini beberapa produk minuman kesehatan asli buatan Indonesia:

1. Susu Jahe Sidomuncul

Minuman pertama yang banyak digemari adalah produk olahan jahe. Ya, pasti kamu sudah enggak asing lagi deh dengan produk susu jahe yang diproduksi oleh PT Sido Muncul. Minuman ini mengandung ekstrak jahe yang dibakar, ditambah dengan susu dan gula.

Bukan hanya mudah ditemukan, susu jahe juga jadi populer karena rasanya yang lezat serta memberikan kehangatan pada tubuh. Susu jahe cocok dikonsumsi pada malam hari atau saat musim hujan sehingga memberikan kesegaran dan kehangatan pada tubuh.

Tak hanya itu, susu jahe juga memiliki beragam manfaat kesehatan lho, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular (jantung). 

2. Wedang Jahe Anget Sari

Minum kedua setelah susu jahe yang tak kalah populer adalah wedang jahe. Minuman tradisional olahan jahe yang satu ini juga banyak digemari karena mengandung banyak manfaat. Wedang jahe dipercaya bisa meredakan mual, meredakan nyeri haid, dan membantu menurunkan kolestrol. Sama seperti susu jahe, wedang jahe juga biasa dikonsumsi dalam keadaan hangat.

3. W’Dank Bajigur

Di posisi ketiga ada W’Dank Bajigur. Minuman yang diproduksi oleh Nutrimart ini juga enggak kalah populer dengan minuman yang disebutkan sebelumnya. Dari namanya saja sudah Indonesia banget karena mengemans bajigur, minuman asli Jawa Barat, dalam bentuk kemasan.

Minuman yang berbahan dasar santan dan gula aren ini biasa dikonsumsi dalam keadaan hangat. Ternyata bajigur bermanfaat untuk mencegah obesitas, mencegah kanker, mencegah sistem imun, dan mengatasi masalah pencernaan lho. Tunggu apalagi, segera konsumsi bajigu yuk!

4. Kuku Bima Ener-G!

Jika kamu suka konsumsi minuman kesehatan, pasti sudah sering dengar produk Kuku Bima Ener-G. Ya, minuman ini sudah sangat populer di Indonesia. Selain karena iklannya muncul di berbagai stasiun televisi, Kuku Bima juga jadi salah satu pelopor minuman energi serbuk dengan berbagai varian rasa yang mempunyai manfaat sebagai suplemen penambah stamina bagi pria dan wanita.

Salah satu produk PT Sido Muncul rupanya memiliki banyak manfaat, salah satu kandungan dalam minuman ini adalah vitamin B12 yang bermanfaat untuk menambah darah, selain itu ada juga ginseng dan royal jelly yang baik untuk kesehatan. Untuk mengonsumsi minuman ini perlu waktu 39 menit sebelum beraktivitas dan berolahraga.

5. Hemaviton C1000

Di tengah pandemi seperti ini, tubuh membutuhkan banyak vitamin guna menyehatkan badan. Salah satu vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin C. Nah, enggak perlu bingung deh! Kamu bisa dapatkan vitamin C dari minuman buatan Indonesia bernama Hemaviton C1000.

Minuman yang diproduksi oleh Tempo Group ini mengandung vitamin C 1.000 miligram. Kandungan ini dapat mencegah defisiensi atau kekurangan vitamin C pada tubuh. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan dan peredam radikal bebas.

6. Nutrive Benecol

Beauty, apakah kamu sedang mengalami masalah kolesterol? Nah, sekarang udah enggak perlu pusing lagi deh. Minuman buatan lokal bernama Nutrive Benecol diproduksi untuk mencegah naiknya kolesterol secara berlebihan.

Minuman produksi PT Kalbe Farma ini mengandung plant stanol ester yang mampu menurunkan kadar kolestrol total 7-10% setelah konsumsi rutin dalam 2-3 minggu serta menghindari risiko penyakit jantung koroner sehingga cocok untuk orang dengan kolestrol tinggi maupun yang sedang mencegah kolestrol datang dan naik. Nutrive Benecol terdiri No Added Sugar dan Cereal Drink, dan mengandung banyak vitamin serta tinggi serat.

7. Ultra Milk Low-Fat Hi-Calcium

Tak melulu bikin gemuk, susu juga mengandung banyak manfaat kesehatan lho. Salah satunya adalah produk Ultra Milk Low-Fat Hi-Calcium. Diproduksi dengan lemak yang rendah, susu ini bisa menjaga asupan nutrisi sehingga tubuh mudah kenyang dan tak cepat merasa lapar lho. Cocok banget bagi para pejuang diet!

Ultra Milk Low-Fat Hi-Calcium ini mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, D3, B1, dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan. 

8. Tropicana Slim Low Fat Milk

Selain ultra milk, ada juga produk Tropicana Slim Low Fat Milk yang menawarkan produk susu rendah lemak. Minuman ini diklaim tak mengandung gula dan pemanis buatan. Cocok banget untuk kamu para pejuan diet dan penderita diabetes.

Tropicana Slim Low Fat Milk ini mengandung serat alami dari tumbuhan chicory. Kalori yang dikandungnya hanya berjumlah 170.

9. Hydro Coco

Meskipun PSBB, masih banyak orang yang pergi ke kantor. Di tengah pandemi, tubuh harus dijaga kesehatannya. Salah satu caranya dengan menjaga hidrasi tubuh. Nah, jika kamu memiliki aktivitas yang padat dan jarang mengonsumsi air, kamu bisa coba untuk konsumsi produk minuman kesehatan dari Indonesia, Hydro Coco.

Produk Hydro Coco mengandung air kelapa yang mempunyai banyak manfaat seperti menggantikan cairan tubuh, membantu menetralisir racun, dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 

10. Greenfields Yogurt Drink

Pecinta minuman milky pasti sudah enggak asing lagi dengan brand Greenfield. Selain mengeluarkan produk susu yang berkualitas, Greenfields rupanya juga memiliki produk yogurt drink. Produk minuman yogurt ini cocok untuk para pejuang diet.

Greenfield Yogurt Drink mengadnung prebiotik dan kalsium yang baik untuk pencernaan dan kesehatan tulang. Selain itu, produk ini juga dikemas tanpa bahan pengawet. Namun, ini hanya bisa dikonsumsi dalam jangka waktu 7 sampai 30 hari.

11. Jahe Wangi Ginger Tea Kepala Djenggot

Minuman kesehatan asli Indonesia terakhir adalah Jahe Wangi Ginger Tea Kepala Djenggot. Tak afdol rasanya membicarakan minuman kesehatan tanpa adanya produk teh. Teh jahe keluaran Kepala Djenggot ini dipercaya bisa membuat tampilan kulit terlihat lebih muda, menyehatkan jantung, dan menurunkan berat badan. Teh Jahe ini terbuat dari racikan jahe alami dan gula asli. Selain itu, the jahe ini bisa melegakan tenggorokan, dan cocok diminum dalam kondisi udara dingin.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana