Menu

Katanya, 5 Makanan Ini Ampuh Redakan Mual saat Hamil Muda, Moms Perlu Tahu Nih!

16 September 2020 10:30 WIB

Ilustrasi mual yang dialami ibu hamil (HelloSehat/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Mual merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi pada setiap wanita hamil. Bahkan, intens mual yang sering hingga muntah kerap dialami oleh wanita yang tengah hamil muda. Kondisi ini sering disebut morning sickness dan seringkali membuat wanita hamil merasa tersiksa karena susah menerima asupan makanan. 

Seperti yang dikutip dari laman Mayo Clinic, penelitian menunjukkan kalau mual dan muntah selama kehamilan disebabkan oleh efek human chorionic gonadotropin (HCG). Wanita yang mengalami morning sickness parah atau hyperemesis gravidarum, memiliki kadar HCG yang lebih tinggi dibandingkan wanita hamil lainnya.

Umumnya, kondisi morning sickness ini terjadi selama trimester pertama kehamilan. Mual dan muntah secara berlebihan ini biasanya dapat dengan mudah menyebabkan hilangnya nafsu makan. Banyak wanita hamil yang merasa khawatir hal ini akan membahayakan janin di dalam kandungannya.

Moms, buat kamu yang saat ini tengah hamil muda, ternyata ada lho beberapa makanan yang dipercaya ampuh meredakan mual. Jadi, kamu enggak perlu khawatir kalau si bayi kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkannya selama di dalam kandungan.

Merangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/9/2020), berikut lima makanan yang bisa membantumu mengatasi rasa mual saat tengah hamil muda.

Jahe

Jahe merupakan salah satu obat rumahan yang efektif untuk meredakan mual. Jahe mengandung senyawa bioaktif, seperti gingerol, paradol, dan shogaol. Kandungan tersebut dapat berinteraksi dengan sistem saraf perut untuk memperbaiki gejala mual.

Moms, kamu bisa mengolah jahe dengan cara apapun. Jahe yang diolah dengan cara direbus dan diberi tambahan sedikit gula dapat membantu mengatasi rasa mual. 

Lemon

Sebagian wanita hamil percaya kalau lemon dapat membantu menenangkan perut yang mual. Lemon dikemas dengan vitamin C, vitamin ini dikenal karena sifat antioksidannya dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi dan makanan nabati.

Biskuit

Moms, kamu bisa memilih biskuit yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi untuk mengatasi masalah mual saat pagi hari. Mengonsumsi biskuit dapat mengembalikan tenagamu setelah mengalami mual dan muntah. Enggak cuma itu, biskuit juga akan membantumu menyerap asam di lambung sehingga mengurangi rasa mual di perut.

Almond

Selanjutnya ialah Almond. Almond bisa menjadi camilan yang sehat bagi wanita hamil. Almond juga dipercaya dapat mengatsi rasa mual di pagi hari. Enggak cuma itu, kacang almond juga bisa meredakan stres berlebihan selama kehamilan karena kandungan riboflavin di dalamnya.

Kacang almond juga mengandung vitamin E yang membantu pembentukan sel kulit dan rambut janin serta kalsium yang meningkatkan pembentukan jaringan tulang dan juga gigi janin.

Kentang

Makanan alternatif lainnya ialah kentang. Moms, kamu bisa mengolah kentang ini dengan cara dikukus, direbus, atau bahkan dihaluskan dengan tambahan mentega dan susu untuk kalori ekstra. Kentang merupakan salah satu makanan yang tinggi pati dan menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi mual selama kehamilan.

Semoga bermanfaat!