Menu

Deretan Manfaat Dengarkan Musik White Noise untuk Kesehatan!

18 September 2020 13:52 WIB

Wanita sedang mendengarkan musik. (Unsplash/Malte Wingen)

HerStory, Jakarta —

White noise merupakan sebuah suara yang kita dengar ketika semua frekuensi suara digabungkan. Jika kamu mendengarkan white noise maka suara ini terdengar seperti dengungan dan mungkin enggak begitu menarik bagi beberapa orang untuk didengarkan.

Meski memang enggak menarik untuk didengarkan namun suara ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita, lho! Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian mengenai kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dalam mendengarkan suara white noise untuk kamu!

Atasi Kecemasan

Jika kamu mendengarkan suara ini selama 10 hingga 15 menit maka setelah kamu melakukan banyak kegiatan di hari tersebut kamu bisa merasa lebih tenang dan segar. Di dalam sebuah studi dari Journal of Nursing Research tahun 2018 mengatakan bahwa white noise bisa membatu lansia dari demensia.

Di dalam penelitian tersebut, 28 dari 63 peserta diminta untuk mendengarkan suara ini selama 20 menit setiap hari selama empat minggu. Kemudian, partisipan yang lain menerima perawatan biasa secara rutin. Setelah selesai, ditemukan bahwa orang-orang yang mendengarkan white noise mengalami penuruan kecemasan.

Mudah Tidur

Untuk kamu yang akhir-akhir ini sedang sulit tidur, mungkin kamu bisa mencoba mendengarkan white noise sebelum tidur. Dalam sebuah buku berjudul “Say Good Night to Insomnia” ada tahun 1998, sang penulis mengatakan bahwa white noise bisa membantu memblokir suara yang bisa menganggu dan menghasilkan suara yang membuat kita lebih tenang.

Bantu Anak Fokus Belajar

Untuk para orang tua, jika kamu merasa nilai anak-anak kamu di sekolah mulai menurun maka harus segera diwaspadi, karena bisa jadi hal tersebut diakibatkan konsentrasi anak yang berkurang. Untuk mengatasihal-hal seperti ini, baik dari pihak sekolah atau pun orang tua bisa mencoba membuat anak-anak mereka mendengarkan suara white noise.

Menurut sebuah studi yang diunggah di Behavioral and Brain Functions pada tahu 2010 mengatakan bahwa white noise memiliki kemampuan untuk membantu anak-anak menjadi lebih fokus di dalam kelas, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan potensi untuk dapatkan nilai yang baik.

Tenangkan Anak Hiperaktif

Teakhir, manfaat dari white noise ini bisa membantu para ibu untuk menenangkan anak-anaknya yang memiliki kecenderungan hiperaktif. Menurut sebuah studi yang diunggah dalam jurnal Frontiers in Psychology pada tahun 2016, penelitian pada anak-anak hiperaktif ditemukan bahwa mereka yang terpapat white noise tanpa diberikan obat penenang bisa menjalankan tugas dengan lebih tenang dan tanpa adanya gangguan.