Menu

Yakin Masih Doyan? 4 Bahaya Mengintai Pecinta Kol Goreng, Fatal Banget, Lho!

15 Juli 2022 15:35 WIB

Kol Goreng (pixabay)

HerStory, Medan —

Kol goreng tampaknya menjadi makanan pendamping yang wajib, khususnya saat mengonsumsi pecel lele. Namun, makanan yang satu ini gak sehat bahkan dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan, lho.

Meski rasanya nikmat dan gurih, ada baiknya jika kamu tak mengonsumsi kol goreng terlalu sering. Ada beberapa bahaya yang mengintai jika memakannya secara berlebihan.

Cari tahu bahaya kol goreng selengkapnya dalam artikel berikut ini!

1. Jumlah kalori bertambah

Kol goreng mengandung kalori yang tinggi sebab menyerap minyak. Sesendok makan minyak goreng mengandung hampir 45 kalori. Jika kamu mengonsumsi kol goreng dalam jumlah besar, maka akan semakin banyak kalori yang masuk ke tubuh.

2. Kandungan nutrisi kol jadi rusak

Sayur kol sangat kaya nutrisi sebab mengandung serat, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, serta mineral seperti kalsium, fosfor, dan mangan. Namun, proses penggorengan akan merusak kandungan gizi yang ada di dalamnya.

3. Risiko penyakit jantung dan stroke mengancam

Kol goreng biasanya mengndung lemak trans dari hasi pemanasan minyak yang berkali-kali. Kandungan ini akan meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh dan menyebabkan penumpukan plak. Bahkan, kondisi ini dapat berubah semakin parah hingga menyebabkan penyakit jantung hingga stroke.

4. Meningkatkan risiko kanker

Kol sebenarnya mengandung senyawa antikanker yaitu sulphoraphane. Kandungan tersebut akan menghambat enzim histone deacetylase dalam mengembangkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Namun, proses penggorengan kol akan memicu pembentuk acrylamide yang bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker. Acrylamide berperan dalam menyebabkan kanker rahim, ovarium, paru-paru, ginjal, dan kerongkongan.