Menu

Moms, Anak Sering Batuk-batuk? Jangan Anggap Sepele, Segera Bawa ke Dokter Jika Tunjukkan 6 Gejala Ini

22 September 2020 09:30 WIB

Ilustrasi anak batuk-batuk (africa-studio.com/Olga Yastremska and Leonid Yastremskiy)

HerStory, Bogor —

Taukah Moms, batuk merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan lendir atau benda asing dari paru-paru, dan membantu mengatasi aliran udara yang tersumbat. Pada anak-anak batuk ditandai sebagai mekanisme perlindungan tubuh.

Namun dalam beberapa kondisi, batuk juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit tertentu. Misalnya flu, gejala asma, tuberkulosis, kanker paru-paru, hingga infeksi saluran pernapasan. Selama batuk yang terjadi pada anak tak disertai dengan gangguan makan, minum, dan menyebabkan suara mengi, Moms tak perlu khawatir.

Sebaliknya, Moms perlu waspada jika batuk yang terjadi pada anak disertai dengan gejala-gejala tententu. Melansir dari Halodoc, Selasa (22/9/2020) waspadai 6 gejala berikut saat anak batuk-batuk.

1. Gangguan Pernapasan 

Ibu harus waspada jika batuk yang menyerang anak memicu terjadinya gangguan pada pernapasan, misalnya menyebabkan kesulitan bernapas atau sesak napas. Waspadai juga batuk yang menyebabkan napas anak lebih cepat dibanding biasanya.  

2. Disertai Demam 

Selama batuk yang terjadi tak menimbulkan gejala lain, sebenarnya hal itu masih wajar dan tak berbahaya. Segera bawa anak ke dokter jika ia mengalami batuk yang disertai demam, apalagi jika demam terus meningkat dan semakin parah. Waspadai batuk dan demam yang terjadi pada bayi usia kurang dari tiga bulan.

3. Pucat dan Biru 

Perubahan pada fisik anak yang batuk juga bisa menjadi tanda bahaya. Jangan tunda pengobatan jika batuk pada anak menyebabkan tubuhnya menjadi pucat atau berubah biru terutama pada bibir, lidah, ataupun wajah. 

4. Napas Berbunyi 

Coba perhatikan batuk yang dialami anak. Jika kondisi ini disertai dengan keluarnya bunyi pada pernapasan alias mengi, segera bawa anak ke rumah sakit. Sebab, bisa jadi batuk yang menyerang merupakan tanda adanya serangan penyakit terutama pada sistem pernapasan Si Kecil. 

5. Dehidrasi

Batuk yang normal umumnya tak akan menyebabkan anak mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan dalam tubuh. Artinya, jika batuk pada anak disertai dengan gejala ini, bisa jadi ada yang tak beres dengan kesehatan tubuhnya. Dehidrasi biasanya ditandai dengan mulut kering, pusing, mudah mengantuk, mata cekung, dan lebih sedikit buang air kecil. 

6. Batuk Berdarah 

Batuk yang disertai dengan keluarnya darah bisa menjadi tanda adanya penyakit kronis. Meski begitu, tak semua batuk berdarah pasti merupakan gejala penyakit serius. Darah yang keluar saat batuk pun bisa berbeda-beda, ada yang berwarna merah muda atau merah terang. Batuk yang menjadi tanda penyakit kronis juga bisa mengeluarkan darah yang memiliki tekstur berbusa atau bercampur dengan lendir. Namun, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika Si Kecil mengalami batuk berdarah. 

Ketika anak menunjukkan 6 gejala tersebut saat batuk-batuk, Moms sebaiknya segera membawa anak ke rumah sakit terdekat. Jika terlambat ditangani, bisa menimbulkan komplikasi berbahaya. 

Share Artikel:

Oleh: Kintan Nabila