Menu

5 Manfaat Beras Merah Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil, Moms Perlu Tahu Nih!

22 September 2020 10:40 WIB

Ilustrasi nasi merah (Indoindians/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, mungkin di antara kamu yang saat ini lagi berjuang menurunkan berat badan, nasi merah menjadi alternatif pilihan untuk menunjang keberhasil dietmu, bukan? Nasi merah enggak cuma memiliki manfaat untuk diet saja, bagi si kecil, mengonsumsi nasi merah bisa membantu tumbuh kembangnya lho!

Ketimbang nasi dengan beras putih, beras merah mengandung nutrisi yang lebih banyak. Seperti karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, kalsium, besi, mangan, fosfor, natrium, kalium, magensium, dan juga seng.

Biasanya, para ibu menjadikan beras merah ini sebagai salah satu menu MPASI. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beras merah mengandung beragam nutrisi untuk membantu tumbuh kembang si kecil. 

Merangkum dari berbagi sumber, Selasa (22/9/2020), berikut lima manfaat beras merah untuk si kecil.

Bantu tumbuh kembang otak dan oragn tubuh lainnya

Vitamin B kompleks yang terkandung dalam beras merah bermanfaat untuk membantu perkembangan otak dan organ tubuh si kecil setelah lahir. Beras merah juga mengandung asam lemak alfa linolet di dalamnya.

Kandungan ini akan membentuk asam lemak rantai panjang yang akan digunakan tubuh untuk berbagai fungsi. Salah satunya adalah DHA yang memberi banyak manfaat untuk perkembangan otak dan mata si kecil.

Membantu pembentukan energi

Tiamin atau vitamin B1 yang terkandung oleh beras merah, dapat membantu mencegah penyakit beri-beri yang sering dialami oleh si kecil. Enggak cuma itu, vitamin B di dalamnya juga membantu pembentukan energi pada si kecil. Enggak cuma vitamin B, kandungan mangaan juga membantu pembentukan energi dari protein dan juga karbohidrat.

Mencegah sembelit

Seperti yang disebutkan dalam laman smartparenting.com, serat yang terkandung dalam beras merah dapat mencegah sembelit yang kerap dialami oleh si kecil.

Biasanya, si kecil mudah mengalami sembelit lantaran kebanyakan minum susu dan sedikit mengonsumsi serat. Serat yang terjandung dalam beras merah bisa membantu sistem pencernaan pada bayi, sehingga ia enggak mudah terserang sembelit.

Membantu pertumbuhan rambut, gigi, dan tulang

Kulit ari beras merah mengandung banyak mineral di dalamnya. Kandungan mineral ini dapat memenuhi kebutuhan bayi dalam pertumbuhan rambut, gigi, tulang, dan otot si kecil.

Magnesium di dalamnya juga bermanfaat bagi pertumbuhan tulang. Sementara itu, vitamin B dapat meningkatkan produksi keratin rambut. Di mana, keratin ini merupakan protein yang dapat memperkuat folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut si kecil.

Kaya akan antioksidan

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Asian-Australasia Journal of Animal Science menunjukkan kalau beras merah memiliki potensi lebih besar untuk melawan radikal bebas dan mengandung konsentrasi antioksidan flavonoid yang lebih tinggi daripada beras coklat.

Beras merah memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi ketimbang blueberi, stroberi, dan buah serta sayuran lainnya. 

Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan